spot_img

Begini Busana Bobby-Kahiyang Saat Mangalehan Marga

MENARAnews, Medan (Sumut) — Pasangan Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Kahiyang Ayu tiba di kediaman Doli Sinomba Siregar (paman Bobby) untuk mengikuti prosesi adat Mangalehan Marga (pemberian marga) di Jalan Suka Tangkas, Medan Johor, Selasa (21/11/2017)

Bobby-Kahiyang tiba diantar menggunakan mobil mewah sekitar pukul 10.00 WIB. Kebaya plus kerudung berwarna pink menjadi busana Kahiyang. Sedangkan Bobby terlihat gagah menggunakan setilan jas biru gelap dan kemeja pink. Untuk bawahan, Bobby memakai kain songket dan celana panjang yang serasi dengan jas.

Beberapa warga yang sudah menunggu pasangan itu datang juga sempat memuji busana yang dikenakan pasangan itu.

“Cantik kali bah bajunya. Nanti kita tempah juga yah kayak gitu,” Kata Leli Boru Lubis yang sudah menunggu sejak pagi.

Setelah keluar dari mobil, pasangan Bobby-Kahiyang langsung masuk ke dalam rumah. Prosesi Mangalehan Marga pun langsung dimulai.

Sebelumnya, Doli Sinomba Siregar mengatakan, pemberian marga sebagai syarat mengadakan pesta adat.

“Kita harapkan bobby ini dibesarkan secara adat. Tentunya, bila seorang pengantin mengambil boru atau istri. Karena Kahiyang bersuku jawa tentunya kita bertanggung jawab memberikan marga. Supaya pesta adat ini bisa sukses,” beber Doli, Senin (20/11/2017).

Putri Presiden Joko Widodo Kahiyang Ayu diberi marga Siregar karena sudah diatur dalam kebiasaan adat Mandailing. Jika seorang pria mandailing menikahi wanita diluar etnis Mandailing maka harus disematkan marga ibu kandung pria tersebut.

Doli Sinomba Siregar merupakan saudara kandung dari Ade Hanifah Siregar, yang merupakan ibu dari Bobby Nasution. Dalam adat Mandailing, Bobby memanggil Doli dengan sebutan Tulang (paman).

“Kebetulan saya tulangnya. Makanya saya bertanggung jawab memberikan marga untuk mempelai wanita,” kata Doli.

Sejumlah pejabat juga terlihat hadir dalam acara tersebut. Diantaranya, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Wali Kota Medan  T Dzulmi Eldin, Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw, Pangdam I/BB Mayjen Cucu Somantri dan sejumlah pejabat lainnya. (Yug)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles