Komitmen Tanggulangi TB, Ini Tindak Lanjut Dinkes Pandeglang

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Dalam menanggulangi Tuberkulosis, bukan hanya Dinas Kesehatan yang bekerja, tetapi semua elemen masyarakat harus terlibat termasuk media, (21/11/2017).

Demikian dikatakan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pandeglang Dokter Wirdani saat menghadiri kegiatan Komitmen Bersama Dalam Penanggulangan Tuberkulosis (TB) di Kabupaten Pandeglang.

Ia melanjutkan, saat ini banyak permasalahan yang dialami terkait Tuberkulosis di Kabupaten Pandeglang, diantaranya masih rendah pengetahuan masyarakat akan bahaya TB dan masih rendahnya pengetahuan pasien untuk pemeriksaan follow up.

“Permasalahan lain yaitu belum optimalnya layanan TB, kurangnya dukungan dari stakeholder lintas sektor dan lintas program, bahkan sebagian besar penderita TB dalam kategori kurang mampu sehingga membutuhkan dukungan dari Pemerintah Daerah,” tuturnya.

Sementara itu, Sekda Pandeglang Fery Hasanudin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pandeglang sudah memiliki Puskesmas dan Dinas Kesehatan, diharapkan ada keputusan bersama untuk mengatasi penyakit TB ini. Jika masih banyak, berarti Pemda gagal melaksanakan pelayanan kesehatan.

“Semua Stakeholder harus terintegrasi, bagaimana sanitasi lingkungan yang beraih itu harus dijaga. Makanya semua dinas jangan hanya acara saja tetapi harus dilaksanakan dan ditangani secara serius,” tandasny.

Adapun rencana tindak lanjut dari kegiatan ini, Ketua Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Pandeglang Abdul Aziz menuturkan, pihaknya akan menggandeng seluruh pihak untuk menangani TB.

“Kerja sama dengan Dinkes, Kemenag, MUI dan Ormas Islam lainnya untuk sosialisasi terkait bahaya sekaligus tata cara penanganan,” ujarnya.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!