spot_img

35 Desa Belum Selesaikan LPJ, Anggaran DD Tahap II Terancam Hangus

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Anggaran Dana Desa (DD) tahap II sebesar Rp105 miliar untuk 326 desa di Kabupaten Pandeglang terancam dihanguskan oleh pemerintah pusat. Sebab, hingga saat ini masih ada 35 desa yang belum menyelesaikan laporan pertanggungjawaban dan pengajuan untuk pencairan tahap II.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Pandeglang, Ramadani menyatakan, pencairan DD tahap II harus digulirkan secara bersamaan. Artinya, meski tinggal 35 desa lagi, namun desa yang audah mengajukan tidak serta merta mendapat DD tahap II.

“Bagaimana DD tahap II mau dicairkan kalau semua desa belum menyelesaikan pengajuan dan laporan pertanggungjawaban. Belum lagi kan harus diinput dulu ke aplikasi Onspan (Online Monitoring Tim Pembendaharaan dan Anggaran Negara). Nah, kalau data dari semua desa sudah oke, kami upload dan kalau kata kementrian ok, langsung ditanda tangani bupati,” jelas Ramadani, Kamis (30/11/2017).

Dirinya mengungkapkan, pencairan bagi 291 desa yang sudah mengajukan akan sia-sia apabila sampai tanggal 4 Desember 2017, ke-35 desa sisanya belum juga melaporkan.

“Batas akhir pengajuan itu pada 4 Desember. Kalau kami engga ngajuin sampai batas akhir itu, anggarannya akan hangus. Tentu saja saya yang akan disalahkan, padahal keterlambatannya ada di desa,” keluhnya.

Mantan Kepala DPMPD itu menuturkan, pihaknya sudah mewanti-wanti hal ini sejak dua bulan lalu. Tidak hanya kesetiap desa, namun telah disampaikan pula ke Dinas Pemberdaayan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) dan para Camat.

“Pengajuan pencairan DD itu harus berbarengan atau semua desa secara sekaligus, jadi tidak bisa satu-satu langsung cair. Karena uangnya akan ditransfer secara gelondongan ke kas daerah. Dan setelah itu akan ditransfer ke masing-masing rekening desa oleh daerah. Jadi kalau tidak selesai semua, anggaran pasti hangus. Sedangkan waktunya sudah mepet,” jelasnya.

Kepala DPMPD Pandegalang, Taufik Hidayat tidak menampikan bila masih ada 35 desa yang belum menyelesaikan laporan. Tetapi kata dia, konsolidasi desa sudah masuk, hanya saja ada yang belum setor pajak kegiatan.

“Saya menjamin dalam waktu dekat ini yang 35 desa itu bisa selesai sebelum tanggal 4 Desember,” klaimnya. (IN)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles