Portal Berita Online Indonesia

Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kangker Serviks Kejaksaan Pulpis Gelar Tes IVA

MENARAnews, Pulang Pisau (Kalteng) – Kejaksaan Negeri (Kajari) Pulang Pisau melalui Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) memelopori gerakan nasional deteksi dini wanita Indonesia bebas Kanker Serviks. Kegiatan Bakti Sosial (Baksos) tersebut berupa tes inspeksi Visual Asetat (IVA) pencegahan dini penyakit kanker serviks. Pemeriksaan IVA di laksanakan di Puskesmas Pulang Pisau, Kamis,(12/10) dengan jumlah peserta mencapai 126 orang . ” Alkhamdulillah, kedati dengan persiapan yang sangat memet tetapi jumlah peserta yang mendaftar sangat banyak, bahkan sampai melebihi target, ” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pulang Pisau, H. Maryadi Idham Khalid kepada menaranews.com Kamis (12/10).

Menurutnya, kegiatan ini sebagai tindak lanjut program yang telah dicanangkan sebagai program nasional oleh kabinet kerja melalui organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) yang ditujukan untuk mengurangi angka kematian akibat kangker dan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan yang tinggi melalui pelaksanaan hidup sehat. Selain itu kata Maryadi sapaan akrabnya, pemeriksaan IVA sebagai upaya deteksi dini adanya kangker servik atau kangker leher rahim pada wanita dengan deteksi dini dimaksudkan untuk meminimalisir dan mempermudah bagi penderita kangker servik dalam mengobatinya apabila diketahui sejak stadium awal,

“Kegiatan ini sebagai bentuk keprihatianan dan kepeduluian dan kangker serviks harus di lakukan pencegahan. Saya berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi bagian upaya promotif dan preentif pada masyarakat luas, ” ujar H. Maryadi didampinggi Ketua Ikatan Adyaksa Dharmakarini, Ny Atik Maryadi Idham Khalid.

Sementara Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo memberikan apresiasi kepada Kejaksaan Negeri Pulang Pisau yang telah melasanakan kegiatan sosial pemeriksaan IVA sebagai upaya deteksi dini adanya kangker servik dan payudara. Menurutnya, tes IVA ini sangat penting dilakukan, tidak hanya dari pemerintah daerah atau dinas kesehatan. Tetapi, peran dari Lembaga, BUMN dan lainnya dalam melaksanakan kegiatan sosial, seperti yang telah di tunjukkan oleh Kejaksaan Negeri Pulang Pisau ini patut di contoh dan ditiru, sehingga deteksi dini adanya gejala kangker servik dapat di ketahui dalam stadium awal.

“Sangat mendukung dan kita memberikan apresiasi kepada Kejaksaan Negeri Pulang Pisau dan Ikatan Adyaksa Dharmakarini yang telah sukses menggelar kegiatan sosial ini. Mudah-mudahan ini bisa menjadi nilai tambah bagi masyarakat, khususnya ibu dalam menjaga hidup sehat, sehingga terhindar dari bahaya kangker serviks. ” tandasnya (BS)

Editor: Hidayat