Portal Berita Online Indonesia

Indikator : 3 Tahun Jokowi-JK mengalami Kenaikan di Angka 68,3%

Menaranews,Jakarta – Indikator Politik Indonesia memaparkan hasil evaluasi 3 tahun kinerja dari pemerintahan Jokowi-JK.

Dalam hasil survei Indikator kepuasan masyarakat Indonesia terhadap kinerja Jokowi-JK yaitu berada 68,3% untuk yang sangat puas dan cukup puas dan 29,5 persen untuk yang kurang puas dan tidak puas sama sekali.

“Dan selalu stabil mencapai 68,3 % dengan memakai metodologi tracking,” kata Burhannudin Muthadi dalam Diskusi Publik di Kantor Indikator Politik Indonesia Jl Cikini V Menteng Jakarta Pusat, Rabu (11/10).

Selain itu masyarakat Indonesia yakin atas kemampuan Jokowi untuk memimpin, yang berada pada 72,6%.

“Sejak Maret 2016,tingkat keyakinan atas kemampuan memipin Jokowi stabil di atas 70,%,” ucapnya.

“Ini sebuah modal psiko-politik penting sebagai dukungan politik kepemimpjnan nasional, terlepas dari banyaknya masalah yang dihadapi bangsa ini,” tambahnya.

Dalam kondisi ekonomi Indonesia, masyarakat menilai  masalah kebutuhan pokok semakin berat, jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Orang mengatakan kebutuhan pokok berat semakin banyak daripada kebutuhun pokok semakin sedikit, tetapi tahun lalu turun,” tuturnya.

Masalah pelayanan kesehatan, Burhannudin menilai dalam pemenuhan berobat dengan program Kartu Indonesia Sehat (KIS), serta pelayanan pendidikan mengalami sedikit kemajuan.

“Yang mengatakan semakin ringan sedikit meningkat dibandingkan dengab tahun lalu, ” katanya.

Dia menyimpulkan evaluasi warga tehadap kondisi ekonomi nasional di bulan september mendapatkan hal positif.

“Kondisi ini bertahab sejak awal tahun 2016,dan bahkan hingga saat ini Kencendrunganya semakin positif,” ucapnya.

|Di isu-isu ini masih lebih banyak yang menilai tidak ada perubahan atau bahkan semakin negatif. Namun demikian, penilaian yang semakin positif saat ini dibandin tahub lalu mengalami peningkatan. Ini penting karena ia menandakan perbaikan tersebut dirasakan oleh publik, ” tutupnya. (MR)