Portal Berita Online Indonesia

Pilkada Jawa Barat 2018 Butuh Kita

MENARAnews, Opini – Adalah keliru, anggapan bahwa Golput (tidak memilih saat Pemilu) dapat membawa perubahan. Apapun alasan Kita, Golput tidak akan mengubah apapun. Golput hanyalah bentuk penolakan, hanyalah bentuk ketidakpedulian dan ekspresi negatif lainnya dari kita terhadap Pemilu.

Golput adalah pilihan, bagi orang yang tidak peduli, dan dengan demikian dapat disimpulkan: tidak memiliki keinginan untuk terlibat dalam politik, namun bagaimanapun juga: Golput tidak merubah apapun! Padahal, politiklah yang mempengaruhi segenap kehidupan kita. Politik mempengaruhi semuanya, mulai dari harga kebutuhan pokok yang kita perlukan sehari-hari, biaya sekolah/kuliah kita, upah/gaji kita (atau jika Anda masih memilik orang tua yang bekerja, politik mempengaruhi upah/gaji orang tua Anda) dan masih banyak hal lainnya. Hal ini terus berlaku dan berjalan, baik Anda suka maupun tidak.

Maka satu-satunya jalan, satu-satunya cara, agar kita dapat ikut serta menentukan hal-hal yang berpengaruh dalam hidup kita, adalah dengan terlibat secara aktif di dalamnya!

Pilkada mencoba membangun satu ruang komunikasi, antara konstituen dengan para pemegang policy (termasuk di dalamnya, pihak Partai Politik dan Calon Legislatif). Suatu Pemilihan Umum, pada hakekatnya mengandung unsur demokratis. Sebab hasil suatu Pemilu ditentukan oleh suara terbanyak, oleh pendukung terbesar, oleh mayoritas pemilih. Namun dalam praktek yang kita temukan, seringkali proses demokratis tersebut dikotori oleh praktek-praktek negatif (money politik, kampanye hitam, kolusi, iklan tanpa komitmen dan lain sebagainya) yang pada gilirannya membuat Pemilu tidak lagi menjadi sebagaimana proses demokrasi yang esensial. Pemilu yang demikian menjadi hanya sekedar seremonial demokrasi yang tidak lagi dikehendaki masyarakat, bahkan ditinggalkan.

Dalam hal ini, partisipasi Anda, baik sebagai pemilih maupun sebagai pemegang kebijakan, akan mengkongkritkan tujuan Pilkada Kita pada 27 Juni 2018 mendatang. Kita percaya demokrasi adalah hal yang terbaik, yang ada saat ini. Dan kami meyakini, bahwa Pilkada Jabar 2018 mendatang haruslah menjadi proses yang demokratis, yang hasilnya memberi harapan akan Jabar Yang Lebih baik. Sebab, Pilkada 2018 adalah Pilkada Milik kita semua!