http://yoloxxx.com teen camgirl mit geilen titten kommt live zum orgasmus.
spot_img

Pemko Palangka Segera Iventarisasi Lahan Gambut Untuk Padi

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Setelah melihat keberhasilan dari hasil panen padi perdana milik bapak Kamdi, anggota Kelompok Tani Pasti Jadi, Kelurahan Kalampangan, maka Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia langsung memerintahkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya,Ikhwansyah untuk segera melakukan inventarisasi lahan gambut yang bisa ditanami padi.

“Para penyuluh dapat dikumpulkan agar mereka segera melakukan pendataan terhadap lahan gambut di mana saja yang bisa ditanami padi, khususnya jenis Inpara III,” ungkap Riban, Minggu (10/9).

Setidaknya lanjut dia, pada tahap ujicoba nantinya,  ada lahan seluas 10 hektare yang bisa ditanami padi Inpara III.

Kita sepenuhnya akan mendukung, ini adalah bagian dari  program ketahanan pangan. Setidaknya kita memberikan jaminan kepada petani untuk mendapatkan bantuan seperti benih dan sarana pendukung lainnya,katanya lagi menegaskan.

Disebutkan Riban, secara nasional, sebenarnya Palangka Raya ditarget bisa menanam padi seluas 20 hektare. Tapi menurut wali kota target sebanyak itu untuk tahap pertama cukup dipenuhi 20 hektare dulu di lahan gambut yang sampelnya sudah terbukti baik di Kalampangan.

Wali Kota juga berpesan kepada dinas terkait untuk melakukan ujicoba terkait proses tanam di lahan gambut. Misalnya di lahan satu diberi pupuk ala kadarnya, sementara itu di lahan lainnya diberi pupuk sesuai praktek yang dilakukan bapak Kamdi di Kalampangan.

“Ini guna mengetahui karakter lahan gambut yang baik ditanami padi itu apakah memerlukan pupuk cukup banyak atau sedikit. Namun ujicoba ini khusus dilakukan di lahan milik dinas pertanian, sedangkan untuk petani seperti pola yang dilakukan bapak Kamdi,” cetus Riban

Sementara itu  Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kota Palangka Raya, Barit Rayanto mengatakan, pihaknya akan melakukan penelitian terhadap lahan gambut yang ternyata jika dioleh dengan serius bisa ditanami padi, khususnya jenis Inpara III yang tahan terhadap minim air dan panas.

“Dengan dilakukan penelitian, nantinya akan diketahui tekstur lahan gambut seperti apa yang bisa ditanami padi. Sebab jika melihat lahan yang digarap bapak Kamdi ini merupakan gambut yang sering ditanami berbagai macam tanaman dan selalu mendapat nutrisi berupa pupuk,” jelas Barit

Menurutnya akan berbeda  jika lahan gambut yang memang belum pernah sama sekali ditanami, sehingga perlu dikaji. Dengan demikian nantinya akan diketahui formula cara penanganan yang lebih komprehensif, sehingga upaya pemanfaatan lahan gambut untuk lahan pertanian padi bisa sukses untuk mendukung ketahanan pangan.

Barit menjelaskan penelitian terhadap lahan gambut bisa melibatkan pihak universitas. Dia ingin nantinya lahan gambut di Kalimantan, khususnya Palangka Raya bisa dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan pertanian.(AF)

Editor: Hidayat

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,323PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles

dirtyhunter.tube unique blonde woman in art erotica.