http://yoloxxx.com teen camgirl mit geilen titten kommt live zum orgasmus.
spot_img

KPK : Permohonan Setnov Bukan Ranah Praperadilan

Menaranews, Jakarta – Hari ini, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kembali menggelar sidang praperadilan Ketua DPR, Setya Novanto. Agenda sidang mendengar jawaban KPK atau tuntutan Novanto.

Berkaitan dengan apa yang disampaikan Setya Novanto melalui kuasa hukumnya, bahwa KPK tidak mempunyai cukup alat bukti.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai praperadilan bukanlah tempat untuk menguji cukup atau tidaknya alat bukti bagi tersangka kasus e-KTP Setya Novanto. Hal tersebut dinilai sudah masuk pada pokok materi perkara.

“Ruang lingkup praperadilan tidak boleh masuk pokok perkara, karena meneliti cukup tidaknya alat bukti tugas penuntut umum,” kata Kabiro Hukum KPK, Setiadi, dalam lanjutan persidangan gugatan praperadilan Setya Novanto di PN Jaksel, Jumat (22/9/2017).

Menurut dia, seharusnya hal itu disampaikan pemohon di Pengadilan Tipikor. Keberatan tersebut, lanjut dia, bisa dimasukkan sebagai bahan pledoi untuk pertimbangan majelis hakim.

Selain itu, KPK juga menjawab tudingan pihak pemohon, yakni Setya Novanto yang menyatakan proses penyidikan tidak sah lantaran ada status ganda penyidik KPK. Status yang dimaksud adalah pegawai tetap KPK, tetapi masih sebagai anggota aktif Polri.

KPK menjelaskan bahwa permohonan Setya Novanto keliru dan tidak beralasan. Tuntutan itu, kata KPK harusnya diajukan ke Pengadilan Tata Usaha.

“Hakim praperadilan tidak berwenang melakukan uji praperadilan karena hanya berwenang menguji proses penetapan tersangka, penggeledahan dan penyitaan sah atau tidak,” ujar Setiadi.

Setiadi menegaskan KPK memiliki keputusan pimpinan KPK nomor 572 yang bersifat final tentang pengangkatan anggota kepolisian dan kejaksaan. Karenanya keputusan pengangkatan anggota aktif memenuhi unsur keputusan tata usaha.

“Oleh karena keputusan 572 adalah tata usaha negara, merupakan sengketa tata usaha yang memiliki kompetensi absolut, maka hakim praperadilan tidak berwenang mengadili perkara a quo. Oleh karena itu, permohonan pemohon harusnya ditolak atau tidak dapat diterima,” tegasnya. (DA)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,315PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles

dirtyhunter.tube unique blonde woman in art erotica.