http://yoloxxx.com teen camgirl mit geilen titten kommt live zum orgasmus.
spot_img

Walikota Palangka Raya : Keakuratan Data Penting Dalam Pengambilan Kebijakan

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Indikator terpenting dalam sebuah perencanaan dalam bidang pembangunan yaitu adanya dukungan data yang akurat dengan tingkat validitas yang tepat. Sebaliknya apabila dukungan data yang disajikan tidak valid, maka perencanaan termasuk pengambilan kebijakan menjadi keliru dan tersesat.

Menurut Walikota Palangka Raya HM Riban Satia tidak dapat dihindari lagi dalam  perencanaan sangat tergantung dari kualitas data yang dihasilkan sumber data itu. Manakala sinkronisasi data tidak baik, maka  dapat menyebabkan kesalahan dalam perencanaan sehingga sulit dalam pengambilan kebijakan.

“Data publikasi untuk Pemerintah Kota Palangka Raya saat ini memang sudah baik, namun demikian ada keinginan untuk lebih menyempurnakan lagi. Ini peting agar ada akselerasi yang dapat digunakan sebagai informasi dari pihak-pihak pengambil kebijakan,” ungkap Riban usai membuka focus group discussion (FGD) pembahasan data publikasi dalam angka, di Balroom Hotel Aquarius, Senin (14/8).

Walikota Palangka Raya dua periode itu melanjutkan, melalui FGD yang digelar, setidaknya menjadi bahan diskusi, dalam upaya penyempurnaan data yang ada, sehingga di kemudian hari tidak ada lagi pembahasan ulang. Terpenting data yang telah disusun dapat dimanfaatkan masyarakat secara luas, dimanfaatkan para pelaku usaha serta dimanfaatkan pembuat kebijakan.

“Sebab itu seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah. red) benar-benar melakukan sinkronisasi data secara valid terhadap seluruh data perencanaan, sebelum menjadi data tetap dalam angka. Bila ada data berbeda, maka buat apa data itu digunakan. Pengambil kebijakan tidak akan repot. Misalkan ketika pihak-pihak membutuhkan data pemilih pada pemilu, maka data dari Disdukcapil akan lengkap soal kependudukan,” cetus Riban.

Sementara itu kepala BPS Provinsi Kalteng, Hanif Yahya yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, kegiatan FGD ini tidak hanya dilakukan di Kota Palangka Raya saja, akan tetapi di seluruh kabupaten maupun kota di seluruh Provinsi di Indonesia termasuk di Provinsi Kalteng.

“Jadi dengan FGD informasi publikasi data yang akurat akan menjadi modal kita dalam menjamin data itu valid. Maka itu data mana yang dirasa kurang baik harus disinkronkan agar lebih baik, sehingga data yang digunakan dalam membuat perencanaan tidak akan merugikan, terlebih yang menyangkut hajat hidup orang banyak,” ujarnya.

Ditambahkan dia, data dalam angka merupakan publikasi yang sangat prestisius karena melibatkan data-data stakeholder terkait. Misalkan, manakala pengambil kebijakan ingin melakukan pembangunan sekolah, maka salah satu data harus didukung berapa jumlah anak didiknya. Kemudian ketika ingin membangun rumah sakit, berapa besar jumlah penduduknya. Hal-hal inilah yang perlu dilakukan secara valid, sehingga tidak keliru dalam perencanaan.

“Kita melakukan FGD pembahasan data publikasi dalam angka 2017 ini dengan tujuan agar publikasi Pemerintah Kota Palangka Raya dalam angka 2017 lebih berkualitas,” pungkasnya.(AF)

Editor : Hidayat

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,323PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles

dirtyhunter.tube unique blonde woman in art erotica.