http://yoloxxx.com teen camgirl mit geilen titten kommt live zum orgasmus.
spot_img

Perkuat Fungsi dan Peranan Damang Kepala Adat, DAD Adakan Rakor se-Kalteng

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Di era globalisasi serta menghadapi situasi kekinian, Lembaga Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalteng dipandang perlu memberikan pembekalan serta penguataan fungsi dan peranan lembaga kedamangan yang ada di 13 Kabupaten dan 1 Kota se Kalimantan Tengah.

Fungsi serta peranan yang tidak kalah penting bagi para pejabat damang di setiap wilayah Kecamatan ini yakni penegakan hukum adat. Dimana pada prinsifnya penegakan hukum adat tetap berada pada kedamang, sementara DAD baik Provinsi, Kabupaten dan Kota hanya menjadi fasilitaor setiap kegiatan kedamangan.

Hal inilah yang disampaikan oleh Bidang Hukum DAD Kalteng, Rahmadi Gelentam disela-sela kegiatan Rapat Koordinasi DAD Provinsi Kalteng dengan DAD Kabupaten/Kota bersama Damang Kepala Adat se Kalteng yang dihadiri seluruh pengurus DAD Provinsi Kabupaten dan Kota, dan juga 136 Damang se Kalteng sabtu (26/08)

Disela-sela kegiatan yang dilaksanakan di Aula salah satu Hotel di Palangka Raya. Rahmadi menjelaskan, jika ada proses singketa di tingkat desa, maka proses penyelesaian sengketa tersebut diselesailan terlebih dahulu ditingkat desa. Jika ditingkat desa tidak menghasilkan keputusan, maka sengketa bisa dilanjutkan ditingkatkan Kecamatan.

“Putusan demang itu, putusan yang final dan mengikat. Namun keputusan final dan mengikat yang dimaksud tidak lantas memaksa para pihak untuk menggunakan jalur atau lembaga hukum lain setelah itu. Misalnya pihak lain tidak setuju dengan hasil keputusan perdamaian yang di putuskan Damang” jelas Rahmadi.

Kegiatan Rakor yang dilaksanakan selama satu hari tersebut. Pada pembukaan kegiatan, hadir Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, sekretaris daerah (Sekda) Provinsi kalteng H. Mugeni, kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir. Leonard S.Ampung dan sekretaris umum DAD Kalteng Yansen Binti, Bupati Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Edy Raya Syamsuri, kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng Rawing Rambang.

Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran menjelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memperkuat kelembagaan adat Dayak serta meningkatkan kebersamaan antara DAD dan Damang dalam penanganan adat Dayak. Tak lupa ia mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh Damang kepala adat Dayak yang datang dari seluruh penjuru Kalimantan Tengah.

“Melalui rapat koordinasi ini, kita bisa saling mempererat persatuan dan kesatuan kita suku Dayak yang tersebar di seluruh Kalteng melalui Dewan Adat beserta Damang kepala adat, serta menyamakan persepsi dalam penanganan hak-hak adat Dayak” kata Agustiar.

Lanjutnya menambahkan, sampai saat ini masih banyak masyarakat adat Dayak yang belum mendapatkan haknya, oleh karena itu melalui Rakor DAD Provinsi Kalteng bersama Damang kepala adat juga akan merumuskan langkah -langkah yang akan dilakukan dalam rangka Ekstensi Dewan Adat dan Damang, untuk memperjuangkan Hak-hak masyarakat adat Dayak.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ketika diwawancarai awak media menyampaikan harapan yang begitu besar, agar Rapat Koordinasi tersebut dapat menghasilkan rencana-rencana dan impian besar, yang mana selama orde baru impian tersebut hilang.

“Mari kita bersama-sama meminta keadilan kepada Pemerintah Pusat. Suatu contoh, selama ini Sumber Daya Alam yang kita miliki dikuras, tapi kesejahteraan masyarakat Dayak khsusunya dipedalaman serta kesehatan, masih termajinalkan” jelas Sugianto Sabran.

Dia juga berkeinginan agar tanah milik masyarakat dayak khsusunya di pedalaman, sudah harus bersetatus sertifikat sehingga mampu memberikankan kesejahteraan. Begitu juga dengan para perusahaan yang ada, hendaknya juga memberikan sumbangsih dalam peningkatan sumber Daya Manusianya.(arli)

Editor: Hidayat

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,330PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles

dirtyhunter.tube unique blonde woman in art erotica.