Portal Berita Online Indonesia

Front Persatuan Dan Mahasiswa Anti Milliterisme Aksi Solidaritas 1000 Lilin Untuk Deiyai

Menaranews, Jakarta – massa yang tergabung dalam Front Persatuan dan Mahasiswa Anti Milliterisme berkumpul di Taman Pandang, di Depan Istana Negara Jakarta Pusat, Rabu (9/8).

Kedatangan mereka tersebut untuk melakukan aksi simpatik dengan memasang 1.000 lilin, terkait kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia yang dilakukan oleh oknum TNI dan Polri diwilayah Deiyai, Papua Barat.

“Kemudian hari ini Kami Front Persatuan Rakyat dan Mahasiswa Papua akan melakukan pemasangan 1000 lilin, kegiatan  ini sebagai bentuk kedukaan kita dan rasa kemanusiaan bagaimana kekerasan di Papua terus terjadi.terutama kekerasan di Dieyi, Papua yang mengakibatkan 17 orang menjadi korban,” kata kordinator Front Persatuan dan Mahasiswa Anti Milliterisme, Frans Nawipa kepada Menaranews.com di Taman Pandang Jakarta Pusat, Rabu (9/8).

Selain itu Dia juga menambahkan jika sebelumnya sudah diadakan aksi secara serentak di Papua hingga di Indonesia.

Aksi berupa tersebut Doa Bersama, aksi untuk drama, dan kebudayaan.

“Itu sudah dilakukan oleh rakyat Papua dan kemudian sudah dilakukan oleh rakyat Indonesia yang peduli rasa kemanusiaan di papua, terutama persoalan Deiyai, Papua,” ucapnya.

Untuk itu, Front Persatuan dan Masiswa Anti Milliterisme mendesak kepada Pemerintah Pusat agar segera menyelesaikan persoalan dan mengadili pelaku kejahatan Genosida yang terjadi di Deiyai, Papua Barat.

“Dengan pemasangan lilin ini, kami mendesak kepada pemerintah untuk melakukan tindakan tindakan persuasif untuk menyelesaikan persoalan, terutama pemerintah bisa mengadili pelaku yang melakukan kekerasan dan kejahatan di Dieyi,” tandasnya. (MR)