Wow… Pemko Palangka Raya Kenalkan Si Boncil. Siapa Dia?

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio secara resmi melakukan peluncuran program Sistem Informasi Belanja “On line” Usaha Kecil (Si Boncil), Kamis (20/7) yang digelar di Aula Hotel Fairuz Palangka Raya.

Menurut Mofit, program Si Boncil itu sebagai bagian dari perwujudan upaya pemerintah untuk menjembatani berbagai produk UMKM dalam mencari pangsa pasar.

“Saya yakin UMKM memang memiliki pangsa pasar, namun dengan kehadiran Si Boncil menjadi alat untuk memasarkan hasil dari produknya secara luas,” pungkasnya.

Dikatakan,  pada era perdagangan saat ini sangat berbeda situasinya pada masa  10 atau 15 tahun yang lalu, dimana saat itu sistem pasar masih menganut  pada titik sentral yaitu pertemuan antara penjual dan pembeli.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, maka upaya memasarkan segala produk usaha secara dikit demi sedikit berubah haluan.

“Konsumen bisa berbelanja dimana dan kapan saja ketika memerlukan itu karena adanya alih teknologi saat ini,” jelas Mofit.

Mengacu akan hal itu, maka pelaku UKM perlu menyesuaikan diri dengan dinamika perkembangan. Pun begitu harus diiringi pula  dengan kualitas produk serta standar mutu yang  mampu menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.

Sementara itu, Penggagas Si Boncil, Hadriansyah mengatakan, program ini merupakan inovasi pemerintah kota dalam memberikan fasilitas perluasan promosi dan pemasaran pelaku UMKM.

“Diharapkan kehadiran Si Boncil akan mendukung  pemasaran produk UMKM secara efektif dan efisien serta semakin luas jangkauan pemasarannya,” tuturnya.

Pihaknya kata Hadriansyah, dalam jangka panjang, juga akan mengusulkan hak paten Si Boncil ini kepada Kemenkumhan serta merealisasikan program hingga bertaraf regional, nasional hingga internasional.

“Saat ini tercatat ada sebanyak 5.263 sektor usaha kecil dan 4.106 sektor usaha menengah dengan produk yang dihasilkan sangat bervariasi. Kita berharap para pelaku UMKM  dapat memanfaatkan Si Boncil secara maksimal sehingga pemasaran produk yang dilakukan semakin luas,” jelasnya.

Peluncuran program Si Boncil  juga dihadiri dari pihak perbankan, gerai toko modern seperti Alfamart, Indomaret, Footmart, dan Hypermart, Paguyuban UMKM Akun Mandiri dan perwakilan jasa ekspedisi dari PT JNE dan PT Pos Indonesia.(AF)

Editor : Hidayat

 

Comments
Loading...