Wali Kota Dukung Hukumam Mati Bagi Bandar Narkotika

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia menyatakan dengan tegas bahwa narkoba adalah musuh kita bersama. Karenanya harus dihadapi semua elemen masyarakat. Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya itu sendiri kata dia, sudah menegaskan perang terhadap narkoba dan mendukung penanganan terhadap penjahat narkoba dengan pemberian hukuman setimpal termasuk hukuman mati.

Menurut orang nomor satu di Kota Cantik Palangka Raya itu, pemberian hukuman mati kepada penjahat narkoba merupakan hukuman yang konstitusional dan tidak bertentangan dengan hak asasi manusia. Karena hukuman mati kepada penjahat narkoba harus dan tetap ditegakkan dalam rangka menyelamatkan dan melindungi rakyat Indonesia dari ancaman narkoba.

Saat ini  lebih 4 juta jiwa warga Indonesia telah menjadi penyalah guna narkoba, mereka bukan hanya dari kalangan dewasa namun juga kalangan remaja bahkan anak-anak. Sehingga jelas sangat mengancam generasi penerus bangsa di Indonesia.

Disana Riban juga mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan baik melalui upaya pencegahan maupun pemberantasan, agar para pelaku kejahatan narkoba yang semakin merajalela bisa diberangus dan dihukum seberat-beratnya.

“Sejauh ini aparat penegak hukum dapat mengungkap kasus kejahatan narkoba. Bahkan dengan barang bukti yang cukup besar baik. Pelaku dan korbannya tidak hanya melibatkan warga negara Indonesia namun juga warga negara asing, dengan jumlah barang bukti yang sangat besar. Bukan hanya puluhan kilo melainkan ribuan kilo. Bukan hanya puluhan butir melainkan ribuan butir,” bebernya.

Disampaikan dengan barang bukti narkoba yang besar tersebut, sudah barang tentu dapat meracuni jutaan warga negara sekaligus dapat menjadi senjata pembunuh massal yang akan menghancurkan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

“Maka itu saya tekankan peran aktif dan pendayagunaan seluruh komponen dan potensi bangsa dalam menghadapi keadaan darurat narkoba menuju Indonesia yang sehat, seperti tema HANI 2017 ini harus menjadi pendorong bagi kita agar berperan aktif dalam memberantas penyalahgunaan narkoba,” ujarnya menyampaikan.

Maka itu tambah dia, permasalahan narkoba ini tidak akan dapat diselesaikan oleh pemerintah semata. Sebab mengatasi permasalahan narkoba ini harus melibatkan seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali.

“Waspada adalah kunci utama. Apabila di sekitar tempat tinggal kita ada hal-hal yang mencurigakan segera laporkan kepada aparat yang berwajib. Sehingga mampu memutus mata rantai peredaran narkoba yang bahkan sudah merambah ke pelosok daerah-daerah di Indonesia seperti Kalteng ini,” pintanya.

Untuk itu, Riban menambahkan meminta masyarakat memberikan dukungan upaya-upaya penindakan terhadap penyalahgunaan narkoba yang telah dilakukan oleh BNN Kota Palangka Raya, Polres Palangka Raya, BNN Provinsi Kalteng dan Polda Kalteng melalui berbagai razia gabungan baik yang melibatkan aparat TNI dan kepolisian atau intern BNN seediri.(AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...