Wako Bukittinggi : Bukittinggi Sebagai Kota Wisata dan Olahraga

MENARAnews, Bukittinggi (Sumatera Barat) – Dalam sambutannya sebelum melepas peserta Gowes Pesona Nusantara Tahun 2017 di pedestrian Jam Gadang, Minggu (9/7/2017), Walikota Bukittinggi, H.M.Ramlan Nurmatias mengatakan bahwa Kota Bukittinggi akan dijadikan kota wisata dan olahraga, artinya wisatawan yang datang yang menikmati indahnya alam kota Bukittinggi dapat sambil berolahraga.

“Pemerintah Daerah akan mencukupi atau paling tidak akan memfasilitasi tempat-tempat olahraga di kota Bukittinggi. Kota Bukittingi pernah mengadakan kegiatan olahraga wisata bertaraf nasional dan internasional, seperti lomba lari 10 K, dan juga banyak olahraga-olahraga yang dikembangkan yang bertaraf internasional. Pada tahun 2017 ini, Kota Bukittinggi direncanakan akan menggelar lomba silat internasional dan lomba lari internasional naik dan turun 17 buah janjang (tangga),” ucap Ramlan Nurmatias.

Selanjutnya Wako Ramlan Nurmatias menyampaikan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga melalui staf ahli Menteri Pemuda Olahraga Bidang Ekonomi Kreatif yang merangkap Deputi Pengembangan Pemuda, Dr.Jonni Mardizal, MM., bahwa Kota Bukittinggi belum mendapatkan bagian uang bantuan dari dari Menteri Pemuda dan Olahraga. Dijelaskan Ramlan Nurmatias akan membangun gedung olahraga yang presentatif di Kota Bukittinggi dengan anggaran sekitar 20 milyar.

Disamping itu, olahraga berkuda di Sumatera Barat banyak diminati oleh pengunjung setiap ada kegiatan berkuda. Wako Ramlan yang juga sebagai ketua harian Pordasi Sumatera Barat menjelaskan bahwa banyak orang dari luar Sumatera Barat mencari kuda, karena di Sumatera Barat banyak pembibitan ternak kuda pacu. Dilihat dari nilai rupiah untuk seekor anak kuda pacu di Bukittinggi sekitar 1 kg emas atau sebesar 680 juta rupiah.

Di tingkat nasional, kuda pacu dari Sumatera Barat sangat diperhitungkan dalam lomba pacu kuda, tanggal 30 Juli 2017 akan digelar lomba pacu kuda di kota Salatiga, kuda pacu dari Sumatera Barat  sebanyak 6 ekor akan mengikuti babak penyisihan termasuk kuda milik Ramlan Nurmatias, pungkas Ramlan Nurmatias. (AD)

Comments
Loading...