Waduh.. Penyakit HIV/AIDS Di Pandeglang Semakin Merajalela

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Total penderita penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Pandeglang mengalami peningkatan. Dari data yang diperoleh, ada tiga Kecamatan yang rawan terkena penyakit tersebut. Diantaranya, Kecamatan Carita, Kecamatan Panimbang dan Kecamatan Labuan.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanganan Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, Agus Heryawan mengatakan, berdasarkan data dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang, jumlah penderita HIV/AIDS di Pandeglang pada tahun 2016 mengalami kenaikan signifikan, pasalnya pada tahun 2015 lalu, jumlah penderita HIV/AIDS di Pandeglang hanya sebanyak 27 orang. Sedangkan pada tahun 2016, jumah penyakit tersebut mencapai 33 orang.

“Untuk tahun 2017, kita belum ada laporan, penyebaran yang rawan didaerah pesisir,” kata Agus saat ditemui diruangannya,(7/7/2017).

Ia menuturkan, mobilitas penduduk yang semakin tinggi karena efek globalisasi memicu perubahan perilaku, budaya, dan gaya hidup masyarakat. Hal itu menjadi bagian faktor pemicu meningkatnya penyebaran virus HIV/AIDS di masyarakat.

Untuk menekan penyebaran virus HIV/AIDS, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan AIDS di Kabupaten Pandeglang.

“Tugas ini bukan hanya tanggung jawab kami saja, tapi menjadi tanggung jawab seluruh komponen masyarakat untuk turut serta memerangi penyebaran virus HIV/AIDS,” ujarnya.

Meski tiga kecamatan tersebut rawan terkena penyakit HIV/AIDS, akan tetapi Dinas Kesehatan Pandeglang tidak mempunyai program khusus dalam pencegahan terjadinya penularan virus yang menyerang sistem imun tubuh tersebut.

“Kami tidak ada program khusus dalam upaya pencegahan penularan HIV/AIDS. Namun, biasanya ada yang di Provinsi yakni Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), dan untuk di Pandeglang sendiri belum terbentuk,” terangnya. (IY)

Comments
Loading...