ULANG TAHUN KE 340, CIANJUR HARUS TERUS REFLEKSIKAN DIRI

MENARAnews, Kab. Cianjur (Jawa Barat) – Tanggal 12 Juli 2017, Kabupaten Cianjur genap berusia 340 tahun. Berbagai kegiatanpun digelar untuk memeriahkan hari ulang tahun Cianjur yang ke -340, bahkan kegiatan dilaksanakan penuh dalam waktu satu minggu. Mulai dari tanggal 11  hingga 15 Juli 2017, beberapa kegiatan dan acara tersebut diantaranya Ziarah Cikundul, Upacara HUT Cianjur, Sidang Istimewa, Pameran Hasil pembangunan, Helaran Budaya Cianjur Carnaval dan Festival, serta dipuncak acara masyarakat Cianjur akan dihibur oleh band Wali.

Namun selain merayakan kemeriahan ulang tahun, layaknya seseorang yang berulang tahun, mengharapkan semakin tua semakin dewasa semakin bijak, akan terus melakukan refleksi diri untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik ke depan. Hal tersebut juga ingin Iqbal Andarusman, kabid Partisipasi Pembangunan Daerah HMI cab. Cianjur, dilakukan pemerintah kabupaten Cianjur melakukan refleksi diri menjadi Cianjur yang lebih baik lagi .

“kota cianjur pasti bisa lebih maju. walaupun ada beberapa hal yang mungkin masih harus di perbaiki oleh pemerintah, seperti jalan sebagai aset perkembangan yang masih sulit untuk dilalui, tetapi pemerintah pun tak ambil diam dengan keadaan tersebut. Pemerintah pun mulai memperbaiki jalan yang sulit dilalui, agar tidak ada kesenjangan sosial.” Ungkap Iqbal

Selain dari infrastruktur seperti jalan, pendidikan merupakan satu aspek penting yang harus ditingkatkan. Pendidikan menjadi investasi penting di masa depan sebagai modal menjadikan Cianjur seperti kota – kota besar yang ada di Indonesia. Tidak hanya di Kota Cianjur, tapi seluruh pelosok  Cianjur mendapatkan fasilitas, sarana dan prasaran pendidikan yang merata.

“Memperbaiki mutu sekolah dan pembangunan yang terpusat kepada pendidikan, agar  hambatan budaya literasi bisa di atasi oleh pemerintah, karena investasi yang paling dibutuhkan pada saat ini, ialah pendidikan. walaupun tidak bisa dirasakan sekarang, tetapi dengan investasi pendidikan, agar masyarakat nanti bisa menjadikan peradaban yang lebih maju, bukan hanya dirasakan oleh individu tetapi juga untuk masyarakat cianjur lainnya.” Tambah Iqbal dalam wawancaranya

Terlihat, memang ada beberapa yang telah diwujudkan pemerintah Kabupaten Cianjur, seperti Bus Sekolah Keliling. Namun tetap saja masih ada kekurangan, tidak hanya dari program Bus Sekolah keliling tersebut yang hanya dirasakan sekelompok masyarakat. kurangnya saran akses jalan yang ditempuh bus sekolah keliling sehingga beberapa wilayah di kabupaten Cianjur belum merasakan manfaat dari Bus Sekolah Keliling.

“Walaupun adanya bus sekolah keliling, masih ada beberapa hal yang harus dibenahi oleh pemerintah. Seperti kurangnya pemerataan untuk memanfaatkan sarana bus sekolah, karena kurangnya akses jalan yang memadai, sehingga masyarakat masih banyak yang belum bisa merasakan sarana Bus Sekolah keliling. Selain itu, masih banyak masyarakat dipelosok Cianjur  belum bisa membaca, karena kurangnya pendidikan di desa-desa terpencil, yang  muaranya menghambat budaya literasi, serta  ditambah lagi peminjaman buku-buku yang dijajakan bus sekolah tidak bisa di pinjamkan” ucap Iqbal.

Semoga di ulang tahun yang ke – 340, Kabupaten Cianjur semakin maju, berkembang, dan lebih baik dari sebelumnya. (OR)

Comments
Loading...