Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Pandeglang Siapkan Anggaran Rp 2.5 M

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pandeglang menyiapkan anggaran sekitar Rp2.5 miliar. Dana sebesar itu disiapkan untuk pengadaan kendaraan operasional pelayanan. 
Kepala Disdukcapil Pandeglang, Tubagus Saprudin menyebutkan, nilai Rp 2.5 miliar tersebut diperuntukan bagi 3 unit kendaraan. Dimana satu unitnya, berkisar Rp 850 juta.

“Ada 3 unit yang kami siapkan. Satu kendaraan harganya Rp 850 juta,” sebutnya kepada awak media di Pandeglang, Selasa (04/07/2017).

Pria yang akrab disapa Apang ini menjelaskan, kendaraan yang nantinya berupa jenis mini bus itu, digunakan untuk menjangkau pelayanan pembuatan identitas kependudukan di daerah yang sulit diakses. Mengingat sampai saat ini, kesadaran masyarakat untuk membuat berbagai tanda kependudukan masih rendah, lantaran jarak menuju lokasi pembuatan yang membutuhkan biaya besar.
“Kendaraan pelayanan ini untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Sudah diajukan ke bupati, karena bupati tanya apa yang dibutuhkan Disdukcapil, saya bilang mobil pelayanan. Dan Alhamdulillah beliau menyetujui.” bebernya.
Dilanjutkan Apang, pihaknya akan membagi teknis operasi kendaraan tersebut dalam 3 zona. Dimana setiap unitnya, akan beroperasi untuk 10 kecamatan dan setiap harinya akan berkeliling kepemukiman warga.
“Untuk pelaksanaannya akan dibagi dalam 3 zona. Jadi 1 unit akan beroperasi untuk 10 kecamatan. Sedangkan 5 kecamatan yang dekat dengan Disdukcapil, bisa langsung dilakukan di sini,” katanya.
Berbagai identitas mulai dari pembuatan Akta Lahir, Kartu Keluarga, dan Kartu Tanda Penduduk dapat dilakukan di kendaraan pelayanan tersebut, termasuk perekaman. Mantan Kepala Kesbangpol Pandeglang itu menambahkan, saat ini proses pengadaan 3 unit kendaraan pelayanan itu masih dalam tahap survei.
“Untuk pengadaan mobil pelayanan dalam tahap survei harga. Mudah-mudahan dalam bulan Agustus nanti sudah bisa lelang,” jelas Apang. (Kr)

 

Editor: Irdan

Comments
Loading...