Portal Berita Online Indonesia

Tangkal Hoax, PWI Kabupaten Tangerang Gelar KLW dan Diskusi Publik

MENARAnews, Kabupaten Tangerang (Banten) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar Karya Latih Wartawan (KLW) tingkat dasar/lanjutan dan Diskusi Publik dengan mengusung tema Identifikasi Berita Hoax dan Upaya Menyajikan Informasi yang Berkualitas. Dalam kegiatan tersebut, sekaligus dirangkaikan dengan deklarasi Jaringan Wartawan & Masyarakat Anti Hoax (Jawarah).

“Hari ini ada dua acara yang dilaksanakan PWI Kabupaten Tangerang, yaitu Diskusi Publik tentang Hoax dan Karya Latih Wartawan,” terang Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin saat menyampaikan sambutannya dalam Deklarasi Jaringan Wartawan dan Masyarakat Anti Hoax (Jawarah) dan Karya Latih Wartawan (KLW) Tingkat Dasar/Lanjutan di Gedung Serba Guna Pemkab Tangerang, (19/07/2017).

Ia berharap, KLW dapat mendorong wartawan untuk patuh terhadap regulasi kode etik jurnalistik sehingga akan muncul wartawan yang profesional.

“Saya berharap kita bisa memerangi berita bohong atau hoax, tidak lagi ada wartawan yang seenaknya, mentang-mentang wartawan, bisa seenaknya dengan narasumber,” tambahnya.

Sangki menambahkan, ada 3 kartu Profesi jurnalis, yaitu Kartu Perusahaan, Kartu Profesi, dan Identitas dari Dewan Pers. “Kartu identitas dari masing-masing perusahaan Pers yang tentunya berbadan hukum,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua PWI Provinsi Banten Firdaus menuturkan, KLW merupakan satu bentuk pola rekrutmen bagi wartawan yang ingin bergabung ke PWI karena pihaknya menilai masih banyak perusahaan Pers dan wartawan yang belum memenuhi ketentuan Pers.

“Masih banyak media yang tidak berbadan hukum dan terverifikasi bahkan para wartawan yang tidak kompeten,” tandasnya.

Senada dengan hal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Iskandar mengatakan, keberadaan wartawan sangat dibutuhkan untuk menyebar informasi Pemkab Tangerang kepada masyarakat.

“Terima kasih kepada wartawan khususnya kepada PWI yang memberikan informasi terkait pembangunan di Kabupaten Tangerang,” pungkasnya.

Pihaknya berharap, dalam KLW kali ini dapat dijadikan momentum untuk saling bertukar pikiran antarinsan Pers. “Diharapkan Karya Latih Wartawan dapat dijadikan ajang menambah wawasan dan pemahaman tentang perkembangan Pers,” tutupnya. (IY)