Tamanuri Desak Pemprov Tindaklanjuti Kab. Sungkai Bunga Mayang

MENARAnews, Kotabumi (Lampung) – Anggota Fraksi Nasdem DPR-RI, Tamanuri mendesak agar pemerintah provinsi Lampung segera menindaklanjuti usulan pemekaran daerah otonom baru (DOB) Kabupaten Sungkai Bunga Mayang (SBM). Hal itu dilontarkan dia usai membuka seminar nasional bertajuk konsep daerah otonomi baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, di Aula Hotel Graha Wisata, Candimas Abung Selatan (17/7/2017).

Menurut dia, meski saat ini pemerintah pusat masih menunda (moratorium) usulan pemekaran DOB namun setidaknya pemerintah provinsi harus segera merespon aspirasi masyarakat. Karena kebijakan moratorium bersifat fleksibel. ” Proses pemekaran itu sangat panjang. Saat ini masih berhenti atau nyangkut di Pemerintah Provinsi. Kita  berharap Pemprov segera merespon kemauan yang kuat dari masyarakat. Jika tidak maka berarti tidak mendengarkan keinginan masyarakat,” ujar Tamanuri.

Sementara itu, anggota MPR-RI, Bachtiar Ali yang membuka seminar tersebut mengatakan, Fraksi Nasdem memandang  seminar DOB sangat relevan untuk menyerap aspirasi masyarakat. Pelaksanaan otonomi di  daerah saat ini berbeda-beda setiap daerah tergantung potensi dan sumberdaya yang ada di daerah tersebut.” Ada daerah yang berhasil menjalankan dengan baik ada pula yang gagal,” ujar dia

Karenanya, saat ini kebijakan moratorium masih dilakukan oleh pemerintah pusat sembari mengevaluasi jalannya proses daerah yang baru mekar. “Limit waktu moratorium fleksibel tergantung kepentingan masyarakat dan juga melihat kondisi keuangan negara,” terangnya.

Diketahui saat ini terdapat 88 DOB dan 234 usulan DOB. (JA/RZ)

Comments
Loading...