Stok Kantong Darah di Kalteng Belum Penuhi Kebutuhan Masyarakat

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Kebutuhan kantong darah yang diperlukan oleh masyarakat yang ada di wilayah Kalimantan Tengah idealnya tercatat sebanyak 600 kantong per bulannya, khususnya keperluan di rumah sakit yang ada di daerah.

Namun kebutuhan tersebut masih belum bisa terpenuhi, dikarenakan stok kantong darah yang tersedia hanya menncapai sekitar 400 kantong per bulannya sehingga masih terdapat 200 kantor darah yang belum bisa mencukupi kebutuhan masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalteng Bidang Bencana, Alif Abdullah, bahwa salah satunya upaya mengatasi kekurangan tersebut adalah dengan mencari pendonor baru.

“Jika masyarakat memerlukan kantong darah, langsung saja ke Unit Transfusi Darah disertai dengan dokter yang bersangkutan jika memang itu diperlukan,” ujar Alif kepada awak media, Jum’at (07/07) di Palangka Raya,

Masyarakat nanti tidak akan bisa memperoleh kantong darah jika tidak disertai dengan keterangan dari dokter yang bersangkutan karena harus melalui prosedur yang ada.

Ia menginformasikan, jenis kantong darah yang sering diperlukan oleh masyarakat golongan “O”, dan yang kantong darahnya langka golongannya “AB” dan “A”.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...