Satu Tahun Kebakaran Pasar Aksara, Pedagang Bikin Unjuk Rasa

MENARAnews, Medan (Sumut) – Puluhan pedagang Pasar Aksara berunjuk rasa untuk memperingati setahun terbakarnya Pasar Aksara Medan, Rabu (12/7/2017).

Dalam aksinya, mereka menuntut agar pasar tersebut dibangun kembali. Pascaterbakar, mereka berjualan di atas badan Jalan Aksara. Tak pelak jalan itu mengalami kemacetan setiap harinya.

Pedagang pun heran kenapa pasar itu tak kunjung direvitalisasi. “Ada apa ini sebenarnya, kenapa tidak dibangun. Kami ini semakin miskin setiap harinya. Pemko Medan abai terhadap rakyatnya,” ungkap  Sekretaris Pedagang Korban Kebakaran Pasar Tradisional Aksara Medan (PK2PTAM) Saut Turnip, Rabu (12/7/2017).

Saat unjuk rasa, massa menutup Jalan Aksara. Bahkan massa beberapa kali sempat memblokir persimpangan Jalan Aksara-Letda Sujono. Namun beruntung petugas kepolisian cepat mengatasinya.

Sempat terjadi aksi saling dorong antara petugas dengan pedagang yang memblokir jalan. Ketegangan mereda saat Direktur Utama Perusahaan Daerah Pasar Kotta Medan Rusdi Sinuraya datang ke lokasi aksi.

Rusdi pun menenangkan massa. Dia mengatakan, Pemko tidak mungkin lagi membangun Pasar Aksara di lokasi itu. Lantaran luas dan kondisi tanah yang tidak memungkinkan.

“Kalau kita lihat daripada lokasi yang sekarang, itu sudah tidak mungkin lagi. Karena,disini akan dibangun fly over,” kata Rusdi Sinuraya usai menemui pedagang Pasar Aksara ynag berunjuk rasa.

Lokasi yang ditawarkan pihaknya, pedagang akan direlokasi ke lahan bekas Rumah Sakit Martondi di daerah Letda Sujono. Lokasi itu disebut Rusdi memiliki luas dua kali lipat dari Pasar Aksara.

Namun begitu pedagang tetap menolaknya. Mereka hanya ingin bangunan itu ditempatkan di Pasar Aksara.

“Kalau ke tempat lain kami tidak mau. Kami hanya mau pasar itu dibangun lagi,” pungkas Saut Turnip. (Yug)

Comments
Loading...