Pilkades Serentak Disosialisasikan

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng)Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak jilid dua di 43 desa di Kabupaten Kapuas direncanakan berlangsung pada September 2017 mendatang. Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) pun pada, Rabu (5/7/2017), mensosialisasikan persiapan Pilkades tersebut.

Sosialisasi yang berlangsung aula Kantor Dinas PMDes diikuti camat, perwakilan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), Kades dan Pj Kades yang wilayahnya akan melangsungkan Pilkades serentak.

Sosialisasi dibuka langsung Kepala Dinas PMDes Drs Ibak M,Pd. Dalam sambutannya, Ibak mengatakan, Pilkades yang segera digelar di 2017 ini merupakan Pilkades serentak yang kedua kalinya setelah 2015 lalu. Tentunya Pilkades kali ini diharapkan berlangsung secara tertib, aman, lancar minim dari sengketa dan gugatan hukum.

“Kami mengharapkan, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Kapuas untuk  pelaksanaan Pilkades serentak 2017 dapat berjalan tertib, aman,  lancar dapat menghasilkan kades-kades yang berkualitas,” imbuh Ibak.

Ditambahkannya, dasar hukum Pilkades Serentak 2017 ini adalah Peraturan Daerah nomor 1 tahun 2015 dan Peraturan Bupati nomor 17 tahun 2017 yang mengatur secara teknis tentang tata cara pemilihan dan pemberhentian bagi kepala desa.

Sosialisasi Pilkades saat itu dipandu John Phita Kadang S,Sos MSi selaku Kabid Pemerintahan dan Desa. John juga sekaligus sebagai pemateri dalam sosialisasi ini. Pilkades serentak tahun 2017 di Kabupaten Kapuas dilaksanakan melalui berbagai tahapan, mulai persiapan, pencalonan, tahapan pemungutan suara hingga tahap penetapan. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...