Pemkab Pandeglang Target Peningkatan Pajak

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Tahun 2018 mendatang, target capaian pajak Pemerintah Kabupaten Pandeglang diproyeksikan naik sebesar 25 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya Rp 34.7 miliar. Penetapan ini dilakukan setelah Pemkab melalui Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) meluncurkan terobosan baru dalam hal pembayaran Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dengan sistem online atau nontunai.

“Pasca pembayaran PBB-P2 bisa dilakukan secara online, maka nilai capaian pajak secara keseluruhan pada tahun depan ditergetkan sebesar Rp 44 miliar. Sehingga diharapkan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga bisa meningkat agar Pemkab mempunyai anggaran yang lebih otonom demi kemajuan daerah,” ujar Bupati Pandeglang, Irna Narulita seusai menghadiri Rapat Koordinasi Optimalisasi Penerimaan PBB-P2 Dan Launching Pembayaran PBB-P2 Sistem Online Bjb Kabupaten Pandeglang, di Sofyan Inn, Senin (31/7/2017).

Menurutnya, angka itu dinilai rasional, karena pihaknya telah bekerjasama dengan Perguruan Tinggi soal kajian potensi pajak. Maka dengan adanya pembayaran PBB-P2 secara online, Pemkab berharap kesadaran Wajib Pajak (WP) bisa semakin tumbuh.

“Tadi sudah launching, bagi WP akses nya sudah dipermudah. Sehingga tidak harus ngantri, apalagi banyak yang sibuk dan tinggal di luar Pandeglang, jadi menghabiskan waktu. Kami berharap pencapaian dari pajak bisa meningkat, minimal bisa signifikan,” sambungnya.

Namun demikian, Irna menegaskan bahwa BP2D tetap harus menyisir potensi pajak lainnya yang bisa dioptimalisasikan. Terlebih soal PBB-P2, petugas pemungut pajak hingga aparatur di kecamatan, diminta untuk menjemput bola dalam menarik pajak.

“Hal-hal lain yang belum ada kesadaran yang tinggi dari WP, harus dijemput bola oleh petugas, camat harus turun. Apakah benar WP itu sudah ada pemutakhiran data atau tidak ada jual beli selama ini sehingga database ini bisa update,” terang bupati. (Kr)

 

Editor: Irdan

Comments
Loading...
error: Content is protected !!