Pemkab Kapuas Gratiskan Biaya Kesehatan Calon Jemaah Haji

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Pemeriksaan kesehatan bagi calon jemaah haji merupakan salah satu syarat dalam keberangkatan haji. Nah, pada tahun ini Pemkab Kapuas mengratiskan biaya pemeriksaan kesehatan bagi 287 calon haji di daerah setempat.

Selain mengratiskan biaya pemeriksaan kesehatan, Pemkab Kapuas juga mengratiskan transportasi bus angkutan untuk calon haji asal daerah setempat dari Kuala Kapuas ke Embarkasi Haji Antara Kota Palangka Raya pulang pergi.

Hal ini diungkapkan langsung Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutannya saat membuka kegiatan bimbingan Manasik Calon Haji Kabupaten Kapuas di Masjid Agung Al Mukarram Amanah Jalan Tambun Bungai, Kuala Kapuas Senin (10/7) pagi.

Orang nomor satu di jajaran Pemkab Kapuas itu merasa bangga karena jamaah calon haji di Kabupaten Kapuas cendung meningkat. Hal ini menandakan bahwa masyarakat semakin mampu dan punya tekad yang kuat untuk beribadah haji.

Sementara itu, Asyhadi, selaku Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Kapuas menjelaskan, peserta bimbingan haji bagi calon haji tahun 2017 sebanyak 284 orang ditambah petugas TPHD Kabupaten Kapuas sebanyak 3 orang sehingga total 287 orang. Mereka terdiri dari 155 perempuan dan 132 laki-laki.

“Bimbingan ini dilaksanakan selama 10 hari dari tanggal 10 sampai 19 Juli 2017. Kemudian pemeriksanaan kesehatan tahap II akan dilaksanakan tanggal 20 Juli 2017 bertempat di Aula Kantor Bupati Kapuas Jalan Pemuda Km 5,5,” ungkapnya.

Kemudian untuk keberangkatan menuju Embarkasi Haji Antara Kota Palangka Raya dilaksanakan pada 10 Agustus 2017 tergabung dalam kloter 9 dengan Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Gunung Mas total jamaah 325 orang.

Sedangkan Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas H Ahmad Bahruni mengatakan, pihaknya bersama Pemda Kapuas setiap tahun terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan berpegang pada 3 pilar pelenyelanggaan haji meliputi pelayanan, pembinaan dan perlindungan, baik bersifat formal dan non formal kepada jamaah haji secara optimal. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...