Pelabuhan Batanjung Bakal Operasional 2018

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Pemerintah Kabupaten Kapuas bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus berupaya agar Pelabuhan Batanjung di Desa Batanjung, Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas dapat segera operasional pada tahun 2018 mendatang.  

Sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah yang gencar mengusulkan anggaran kepada pemerintah pusat,  pada tahun ini pemerintah pusat melalui Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI menganggarkan dana sebesar Rp 15 miliar untuk membangun sarana dan prasarana penunjang Pelabuhan Batanjung.

Pembangunan sarana dan prasarana penunjang tersebut diantaranya pekerjaan persiapan, pemasangan paving blok area lapangan penumpukan, rigid pavement area jalan akses pelabuhan, gedung kantor, terminal penumpang, rumah genset dan pos jaga.

Kemudian pada tahun ini juga diusulkan anggaran melalui APBNP sebesar Rp 80 miliar lebih untuk pekerjaan persiapan, reklamasi area I dan II serta pengecatan kansteen, pengadaan dan pemasangan LPJU solar cell trestle serta dermaga 15 unit, sehingga pada tahun 2018 diupayakan salah satu pelabuhan terbesar di Kalteng ini sudah dapat dioperasionalkan.

Demikian juga halnya dengan Kementerian PUPR RI bersama dengan Kementerian PPN/Bappenas juga memprogramkan penyelesaian ruas jalan dari Basarang menuju Pelabuhan Batanjung dengan panjang 52 kilometer

Sementara itu Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah atas  usul Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, telah memprogramkan dana sebesar Rp 550 miliar untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur jalan dari Basarang menuju pelabuhan Batanjung  sepanjang 52 Km dengan sistim tahun jamak (multiyears) mulai tahun anggaran 2017.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengatakan, dengan terbangunnya jalan Basarang menuju Batanjung secara otomatis nantinya akan melalui desadesa di sepanjang Sei Kapuas dan Terusan Kecamatan Bataguh sampai ke Desa Batanjung Kecamatan Kapuas Kuala. “Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan mempermudah arus tranportasi baik orang maupun barang,” katanya, Selasa (4/7/2017). (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...