Pasca Lebaran, Animo Mengurus SIM di Polres Pandeglang Membludak

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Pelayanan pembuatan dan perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polres Pandeglang pasca libur lebaran mulai membludak. Hal itu terjadi sejak mulai beroperasinya pelayanan SIM pada Senin kemarin. Tercatat, sedikitnya 200 warga telah mengajukan perpanjangan dan pembuatan SIM. Padahal, dalam hari-hari biasa, jumlah pemohon pengurusan SIM hanya sekitar 30 pemohon dalam sehari.

“Setelah lebaran ini ada peningkatan pemohon SIM dan didominasi perpanjangan SIM C,” ujar Kasat Lantas Polres Pandeglang, AKP Rahmat Sampurno, Rabu (05/07/2017).

Ia menyebutkan, jika dibandingkan, animo perpanjangan lebih besar 10 persen daripada pembuatan SIM. Rata-rata, pemohon merupakan warga yang akan bekerja ke luar kota.

“Persentasenya 60 persen perpanjangan dan 40 persen pembuatan baru. Kebanyakan pemohon warga dalam daerah yang akan bekerja ke luar kota,” sambungnya.

Rahmat menjelaskan, membludaknya animo masyarakat yang mengurus lisensi dalam berkendara itu, membuat pihaknya harus membuka loket pendaftaran hingga menjelang magrib. Hal itu dilakukan agar masyarakat mendapat pelayanan yang optimal.

“Karena hari pertama membludak, pelayanan kami buka hingga Magrib. Namun, untuk pelayanan bank tetap seperti biasa,” ujar Kasat.

Adapun bagi masyarakat yang izin SIM nya berakhir pada saat lebaran, Polres pun memberi dispensasi waktu hingga satu pekan untuk kembali mengurusinya. Meski begitu, Kasat Lantas memperkirakan bahwa tingginya atensi mengurus SIM, hanya terjadi dalam satu pekan pasca lebaran.

“Bagi SIM yang mati saat libur lebaran kita beri dispensasi satu pekan setelah lebaran. Tetapi kami memperkirakan, pelayanan SIM akan kembali normal lima hari setelah hari pertama setelah dibuka,” tutup Rahmat. (Kr)

 

Editor: Irdan

 

Comments
Loading...