Natsir Anjurkan Calhaj Untuk Menjaga Citra Kota Wali

MENARAnews, Demak (Jateng) – Bagi umat Islam, ibadah haji merupakan salah satu Rukun Islam yang harus dipenuhi jika seorang tersebut mampu secara batin, fisik dan materi untuk menunaikannya. Hal itu saat ini tentunya sudah dimiliki oleh calon jamaah haji asal Demak yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah bulan depan, Agustus 2017.

Bupati Demak HM. Natsir dalam kegiatan Manasik Haji II Tingkat Kabupaten Demak tahun 1438 H/2017 M, menyampaikan pesan kepada calon haji untuk mempersiapkan fisik dan mental, memahami segala rukun wajib dan sunah haji. Setibanya di tanah suci, calon haji dihimbau untuk selalu menjaga kebersamaan dan saling tolong menolong terutama antar jamaah haji Kabupaten Demak. Tidak bersikap sembrono, ikuti saran pimpinan regu dan pimpinan rombongan maupun pimpinan kloter. “Buktikan kalau kita adalah bagian dari bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan. Ingatlah kita juga membawa nama Kota Wali tercinta,” kata Bupati Demak HM. Natsir kepada seluruh calon jamaah haji kabupaten Demak di gmGedung IPHI kabupaten Demak, Rabu (19/7).

Tidak cukup dengan itu, Bupati juga berharap kepada peserta calon jamaah haji untuk mendoakan Kabupaten Demak agar selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dan kondusifitas wilayah di Kabupaten Demak tetap terjaga. Termasuk jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada 27 Juni 2018 mendatang, semoga terpilih pemimpin yang amanah dan selalu membela kepentingan rakyat.

Menutup sambutannya, Natsir meminta kepada seluruh calon jamaah haji untuk dapat menyimak apa yang disampaikan para pembimbing. ”Jika ada yang belum mengerti, segera tanyakan. Terus tingkatkan koordinasi dan komunikasi antar calon jamaah haji”, terangnya Natsir mengakhiri.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak Drs. Muhammad Thobiq, M.Si menjelaskan, tahun 2017 ini Kabupaten Demak mendapat tambahan kuota yaitu sebanyak 1.616 jamaah calon haji. Sedangkan pada tahun 2016 hanya 768 jamaah haji. “Dijadwalkan jamaah haji asal Demak diberangkatkan dalam lima kloter. Kloter 19 akan berangkat pada 2 Agustus 2017, kloter 71 pada 17 Agustus 2017 dan kloter 72, 73 dan 74 akan berangkat pada 18 Agustus 2017,” jelas M. Thobiq.

Pada kesempatan itu, Lutnatul Jannah, 18 tahun, mahasiswi PGSD UNNES asal Mangunjiwan Demak mendapat penghargaan berupa uang saku dari BRI Syariah karena menjadi peserta calon jamaah haji termuda di Kabupaten Demak.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Sekda Demak dr. Singgih Setyono, M. Kes, Ketua MUI Kabupaten Demak KH. Drs. Muhammad Asyiq dan Kabag Kesra Anang Badrul Kamal, S. Sos, M. Si. (Nap)

Comments
Loading...