Melalui TMMD Ke 99, TNI Dukung Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Pelaksanaan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler yang ke 99 Kodim 1016/ Palangka Raya tahun 2017 serta Semangat Kemanunggalan TNI bersama Rakyat diharapkan dapat mewujudkan percepatan pembangunan di Daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik fisik maupun non fisik.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak hari ini, Selasa (04/07) sampai dengan Rabu (02/08) atau 30 hari lamanya tepatnya di wilayah Trans 38 Tijik Riwut, Kelurahan Sei Gohong, Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya ini, tidak hanya diikuti oleh ratusan personil TNI di Jajaran Korem 102/Panju Panjung Kalimantan Tengah, akan tetapi juga diikuti oleh Personil Aparat Kepolisian, Pemerintah Daerah Kota Palangka Raya serta puluhan elemen masyarakat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, sasaran fisik dari kegiatan TMMD sendiri diantaranya pengerasan dan badan jalan sepanjang 2,9 Km dengan lebar 8 meter, pembangunan jembatan kayu ulin, pembuatan jembatan plat beton, rehab tempat pelayanan kesehatan masyarakat (posyandu.red) dan beberapa kegiatan lainnya.

Adapun beberapa sasaran non fisik dari kegiatan tersebut diantaranya pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan kesehatan kepada masyarakat, penyuluhan kesadaran semangat berbangsa dan bernegara, penyuluhan Keamanan dan Ketertiban masyarakat (Kabtibmas), sosialisasi terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), sosialisasi hukum dan kegiatan lainya.

Hal ini disampaikan pada kegiatan Upacara Pembukaan TMMD 2017 yang dihadiri Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kasrem 102/Panju Panjung Kalteng beserta jajaran, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Palangka Raya, jajaran pejabat Pemerintah Provinsi Kalteng dan jajaran SOPD se Kota Palangka Raya, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan mahasiswa yang hadir.

Walikota Palangka Raya, HM. Riban Satia dalam sambutannya selaku Inspektur Upacara menyampaikan, TMMD merupakan program kegiatan lintas sektoral yang melibatkan TNI, Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat yang tujuannya tidak lain mengokohkan rasa persatuan dan kesatuan Bangsa serta mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah dan mempercepat pembangunan desa.

“Melalui kegiatan TMMD ke 99 ini diharapkan dapat membantu mewadahi serta mewujudkan aspirasi dan kepentingan masyarakat khususnya yang ada di perdesaan. Peran kerjasama dan sinergitas dari seluruh pemangku kepentingan dan partisipasi aktif masyarakat merupakan kunci keberhasilan dan kelancaran penyelenggaraan kegiatan ini,” jelas Riban Satia.

Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh daerah di Republik Indonesia ini dan khususnya di Kota Palangka Raya sendiri mampu mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat serta kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di wilayah yang dijadikan tempat pelaksanaan kegiatan.

Sasaran kegiatan yang dilakukan baik fisik ataupun non fisik, tambahnya lagi, dapat menjadi sarana untuk mendeteksi secara dini terkait ancaman keamanan yang terjadi di daerah, serta ladang untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan Bangsa dan semangat terhadap Bela Negara. Tentunya sinergitas dari TNI, POLRI, Pemerintah dan masyarakat dapat terus terjalin dengan baik.

Disisi lain, Komandan Kodim 1016/Palangka Raya, Letcol. Czi. Alfius Navirinda ketikan diwawancarai menyampaikan TNI memang untuk rakyat dan berasal dari rakyat, sehingga dengan kegiatan-kegiatan seperti ini kedepannya diharapkan dapat mendekatkan kembali TNI dengan rakyat.

“‘Bersama Rakyat Kita Kuat’ itulah jargon dari TNI. Ada lebih dari 150 tentara yang nantinya akan tinggal bersama masyarakat sekitar. Dan kita yakin sekali kegiatan fisik akan selesai tepat pada waktunya karena kita sudah menghitung waktu penyelesaiannya,” tutupnya.(arli)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...