Mantap, BKM Bersama Pemda Gotong Royong Bersihkan Drainase

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) bersama Pemerintah Kabupaten Kapuas melakukan kerja bhakti gotong royong membersihkan lingkungan, salah satunya membersihkan saluran drainase di kawasan Jalan Mahakam Kuala Kapuas, Rabu (12/7/3017) pagi.

Heni Mariati selaku PPK Satker Pembangunan Infrastruktur Permukiman Berbasis Masyarakat dari Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Kapuas mengatakan, kegiatan kerja bhakti yang mereka lakukan bersama BKM, semangatnya adalah murni dari masyarakat sendiri yang dikoordinir oleh BKM masing-masing kelurahan yakni 8 kelurahan dan dua desa di Kecamatan Selat.

“Kegiatan kerja bhakti hari ini merupakan kegiatan awal yang selanjutkan akan terus berlanjut setiap minggunya oleh masing-masing BKM di tempat yang berbeda. Jadi, BKM saling mengunjungi masing-masing kelurahan yang masuk dalam program NUSP2,” katanya.

Lanjut Heni, kegiatan kerja bhakti yang dimotori oleh BKM tersebut juga bekerjasama dengan lurah dan kepala desa di wilayah Kecamatan Selat. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat semakin mendorong partisipasi masyarakat untuk perduli lingkungan.

“Kegiatan ini untuk memberikan semangat bahwa lingkungan perlu diperhatikan, apalagi sekarang musim tidak teratur, kadang hujan kadang panas. Kalau hujan kita khawatir saluran di pernukiman-permukiman khususnya yang ada di sasaran NUSP daerah kumuh, tersumbat, sehingga nanti terjadi banjir akibat penumpukan-penumpukan sampah,” terang Heni.

“Jadi, kita ingin menggiatkan masyarakat, dengan lingkungan yang bersih maka mereka juga akan segan untuk membuang sampah sembarangan,” tambahnya. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...