Mahasiswa Pekanbaru Setuju Soal Pemindahan Ibukota, Tapi Tidak Sekarang

MENARAnews, Pekanbaru (Riau) – Pemerintah berencana memindahkan ibu kota ke luar Pulau Jawa. Saat ini, Bappenas sedang melakukan kajian terhadap salah satu calon ibu kota baru pengganti Jakarta yaitu Palangkaraya, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah. Rencana pemerintah tersebut belakangan mendapatkan berbagai tanggapan dari kalangan masyarakat salah satunya mahasiswa.

Menurut Presbem Universitas Islam Riau, Ari Jupika, rencana pemindaha ibu kota ke Palangkaraya tidak relevan untuk dilakukan saat ini mengingat kondisi perekonomian Indonesia yang sedang tidak stabil akibat membengkaknya hutang negara.

“Pemindahan ibu kota ke Palangkaraya sulit dilakukan karena akan dibutuhkan biaya yang sangat besar untuk membangun ulang gedung-gedung pemerintahan yang baru di Kota Palangkaraya. Selain itu, dibutuhkan juga pembangunan infrastruktur yang memadai sehingga akan semakin memberatkan perekonomian Indonesia yang tidak stabil karena memiliki banyak hutang,” ujar Ari ketika diwawancarai melalui telepon.

Selain itu, suhu perpolitikan yang saat ini mulai memanas juga menjadi faktor agar pemindahan ibu kota tidak dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Meningkatnya suhu politik akibat isu-isu yang menyerang pemerintah dan menjelang pelaksanaan Pilpres 2019 juga turut menjadi faktor tidak sesuainya keputusan pemindahan Ibukota Indonesia.” Kata Ari.

Meskipun demikian, Ari tidak menampik bahwa pemindahan ibu kota memberikan manfaat jangka panjang yaitu pemerataan ekonomi dan pembangunan infrastruktur

“Terkait pemerataan jangka panjang pemindahan ibu kota dapat bagus untuk dilakukan khususnya bagi pemertaan ekonomi dan infrastruktur.” Tambah Ari.

Senada dengan pernyataan Ari, Presbem UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Insanul Kamil Negarawan menganggap bahwa pemindahan ibu kota ke daerah lain bagus untuk dilakukan, namun apabila pemerintah memiliki program yang dapat dirasakan manfaatnya oleh rakyat secara langsung maka pemindahan ibu kota tidak boleh menjadi prioritas.

“Saya mendukung kebijakan pemerintah untuk memindahkan ibu kota ke daerah lain karena Jakarta itu sudah padat. Selain dari itu, pemindahan ibu kota juga akan membangun ekonomi daerah yang akan di jadikan ibu kota tersebut. Namun menurut saya, daripada memindahkan ibu kota lebih bagus membantu rakyat secara nyata. Yang dampak terasa langsung oleh rakyat”, ujar Insanul Kamil. (Ag)

 

Comments
Loading...