Lantas Sinaga : Saya Mendukung Perppu No. 2 Tahun 2017

Dasar Negara Harus Menjadi Acuan Berorganisasi

“Kalau tidak berdasarkan UUD 1945 sudah sewajarnya kelompok tersebut dibubarkan, dan sebagian besar ahli-ahli hukum serta Partai Politik juga mendukung hal itu. Indonesia berdiri bukan hanya dari satu agama, tetapi dari berbagai agama dan keanekaragaman yang ada. Oleh karena itu dasar negara (Pancasila dan UUD 1945) harus tetap ditanamkan sebagai acuan dalam berorganisasi”

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Penerbitan Peraturan Pemerintah (Perppu) No.2 tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat (Ormas) oleh Pemerintah, kembali mendapatkan dukungan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalteng seperti yang disampaikan Lantas Sinaga dari Fraksi Partai Gerindra.

Lantas Sinaga mengatakan, Selain menjaga Persatuan dan kesatuan di seluruh wilayah Indonesia, Perppu tersebut juga berfungsi untuk menangkal hal-hal yang bersifat radikal dan bisa memicu konflik yang berbau SARA.

“Pemerintah menegaskan agar setiap Organisasi masyarakat yang telah terbentuk untuk tetap mengacu kepada Pancasila dan Undang – Undang Dasar (UUD) 1945 sebagai acuan. Dan saya sangat setuju Perppu itu diberlakukan,” jelas Lantas Sinaga rabu (19/07).

Dia menuturkan, Perppu yang sudah disahkan oleh Presiden Joko Widodo baru-baru ini, dimaksudkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. Aturan tersebut tentunya tidak hanya sekadar dibuat, tetapi sudah melalui proses dan tahapan pengkajian.

Lantas beranggapan, keberadaan ketentuan tersebut bukan berarti Pemerintah memusuhi setiap Ormas yang ada. Selama Ormas tidak menyebarkan paham radikalisme dan tetap berlandaskan pada Pancasila sebagai dasar negara.

“Kalau tidak berdasarkan UUD 1945 sudah sewajarnya kelompok tersebut dibubarkan, dan sebagian besar ahli-ahli hukum serta Partai Politik juga mendukung hal itu. Indonesia berdiri bukan hanya dari satu agama, tetapi dari berbagai agama dan keanekaragaman yang ada. Oleh karena itu dasar negara (Pancasila dan UUD 1945) harus tetap ditanamkan sebagai acuan dalam berorganisasi,” tutupnya.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...