KPU Demak Mulai Gencarkan Sosialisasi Pilgub Jateng

MENARAnews, Demak (Jateng) – Meski Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng dijadwalkan 27 Juni 2018 mendatang tetapi mulai saat ini KPU Kabupaten Demak sudah gencar melaksanakan sosialisasi.

Sosialisasi ditujukan ke beberapa segmen pemilih antara lain perempuan dan pemilih pemula. Setidaknya dalam satu bulan terakhir, dua segmen itu telah digarap. Untuk segmen perempuan saat ini masih menyasar pada organisasi wanita. Sedangkan segmen pemilih pemula pada sekolah menengah atas baik SMA, MA maupun SMK.

Anggota KPU Demak Divisi SDM dan Parmas Hastin Atas Asih, SE menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai sarana penyampaian informasi kepada masyarakat tentang penyelenggaraan Pilgub Jateng yang akan diselenggarakan pada 27 Juni 2018 mendatang. Penyampaian tahapan Pilgub dimasudkan agar masyarakat tahu bahwa penyelenggaraan Pilgub banyak tahapan yang harus dilalui. Masyarakat pun dapat andil pada setiap tahapan. “Kami mencoba untuk mengggerakkan hati masyarakat agar mereka punya rasa memiliki dan keinginan untuk turut mensukseskan penyelenggaraan Pilgub ini. Kami harapkan mereka sukarela dalam berpartisipasi dan datang ke TPS menggunakan hak pilih, serta menjadi pemilih cerdas. Ini semua demi terwujudnya Pilgub Jateng yang berkualitas dan bermartabat,” tutur Hastin.

Disampaikan pula bahwa untuk dapat menggunakan hak pilih, WNI harus terdaftar sebagai Pemilih. Pemilih adalah WNI yang sudah berusia 17 tahun atau lebih atau sudah/pernah kawin dan memenuhi syarat : tidak sedang terganggu jiwa dan ingatannya, tidak sedang dicabut hak pilihnya oleh pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap. “Jika ada WNI yang memenuhi syarat sebagai pemilih tetapi tidak terdaftar sebagai pemilih, pada saat pemungutan suara bisa menunjukkan e-KTP. Untuk itu, kami harapkan warga Demak yang sudah berusia 17 pada tanggal 27 Juni 2018 nanti untuk segera melakukan perekaman e KTP,” jelasnya.

Hastin menambahkan, pada kegiatan tersebut selain sosialisasi Pilgub juga disampaikan materi pengenalan Pemilu dan demokrasi untuk pemilih pemula, dan mendorong partisipasi perempuan dalam pemilu untuk segmen perempuan. “Sosialisasi Pilgub memang baru kita laksanakan sekitar satu bulan terakhir, pasca PKPU No. 1 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota ditetapkan. Tetapi, pendidikan pemilih tak henti-hentinya kita laksanakan pasca Pilkada Demak tahun 2015 lalu,” pungkasnya.

Dijadwalkan sosialisasi hari ini, Rabu (19/7) diselenggarakan di SMKN 2 dan SMK Islamic Center Demak. (Nap)

Comments
Loading...