Kementrian Pemuda Olahraga Gelar Gowes Pesona Nusantara Tahun 2017 di Bukittinggi

MENARAnews, Bukittinggi (Sumatera Barat) – Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar Gowes Pesona Nusantara 2017 di Bukittinggi, dalam rangka mensukseskan gerakan nasional “Ayo Olahraga”. Kegiatan tersebut dimulai pada 13 Mei dan direncanakan berakhir pada 9 September bersamaan dengan puncak Hari Olahraga Nasional di Magelang.

Kegiatan yang mengusung aktivitas bersepeda sebagai alat untuk membudayakan olahraga di kalangan masyarakat tersebut akan diadakan di 90 Kabupaten/Kota pada 34 Provinsi.

“Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah dengan memberikan kesempatan berpartisipasi aktif kepada seluruh masyarakat melalui kegiatan bersepeda dengan prinsip 5M (Murah, Meriah, Menarik, Massal dan Manfaat),“ ungkap staf ahli Menteri Pemuda Olahraga Bidang Ekonomi Kreatif yang merangkap Deputi Pengembangan Pemuda, Dr.Jonni Mardizal, MM.

Jonni Mardizal menambahkan bahwa terpilihnya Kota Bukittinggi sebagai penyelenggaraan “Gowes Pesona Nusantara tahun 2017” adalah karena posisi Kota Bukittinggi yang strategis dan merupakan segitiga perlintasan menuju ke utara dan selatan Sumatera. Hal tersebut diungkapkannya sebelum melepas peserta Gowes Pesona Nusantara tahun 2017, di pedestrian Jam Gadang, Minggu (9/7/2017).

Selanjutnya Jonni Mardizal menjelaskan, selain itu, sejarah panjang Republik ini juga mencatat bahwa Kota Bukittinggi juga berperan sebagai kota perjuangan pada masa mempertahankan kemerdekaan Indonesia, ketika pada tanggal 19 Desember 1948 kota ini ditunjuk sebagai Ibu Kota Negara Indonesia setelah Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda atau dikenal dengan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

Di samping itu terdapat karunia alam yang ditopang dengan karunia sejarah sehingga tidak salah Kementerian Pemuda dan Olahraga menjadikan kota Bukittinggi sebagai tempat penyelenggara Gowes Pesona Nusantara tahun 2017. Masyarakat nantinya akan dapat bersepeda santai sembari menikmati keindahan kota Bukittinggi.

“Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga akan selalu bersinergi dengan pemerintah daerah agar upaya pembudayaan olahraga dapat berjalan secara massif. Melalui Gowes Pesona Nusantara ini tidak hanya mengutamakan aspek olahraga saja, namun sekaligus meningkatkan pamor daerah melalui sektor pariwisata karena daerah-daerah yang menjadi tuan rumah merupakan daerah yang memiliki segudang potensi wisata yang perlu dieksplorasi lebih dalam,” jelasnya.

Peserta gowes Pesona Nusantara diikuti ratusan peserta dari kota Bukittinggi yang terdiri dari pelajar serta komunitas sepeda dan 15 orang peserta gowes dari tim Kementrian Pemuda dan Olahraga RI, dilepas Staf ahli Menteri Bidang Ekonomi Kreatif yang merangkap deputi pengembangan pemuda, Dr.Jonni Mardizal, MM., didampingi Walikota, Wakil Walikota Bukittinggi, Kepala dinas Parpora Sumatera Barat, Kepala dinas Parpora kota Bukittinggi, Waka Polres kota Bukittinggi, ketua TP-PKK, Ketua GOW kota Bukittinggi. Pada pelepasan peserta tersebut juga dihadiri Sekdako Bukittinggi, forkopimda, dinas terkait, dan masyarakat kota Bukittinggi. (AD)

Comments
Loading...