Jumlah Pencaker di Palangka Raya Terus Meningkat

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Dengan adanya penerimaan CPNS yang dilakukan pemerintah pusat dan beberapa lowongan oleh perusahaan, terlihat ada peningkatan Pencari Kerja (Pencaker) yang meminta kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya.

Hal itu disampaikan oleh, Kepala Bidang (Kabid) PPTK Disnaker Kota Palangka Raya, Yusak, bahwa memang banyak pencaker yang datang untuk mengurus kartu kuning sebagai persyaratan mencari kerja.

“Per 19 Juli 2017 sudah 228 pencaker yang terdaftar, inipun baru pertengahan bulan dipastikan bisa bertambah lagi jumlahnya,” ucapnya saat dikonfirmasi di ruangannya, Rabu (19/07).

Dia mengatakan, peningkatan tersebut karena banyak perusahaan yang banyak melakukan penerimaan, ditambah lagi dengan adanya penerimaan CPNS dari pemerintah Pusat.

“Pencaker yang terdaftar 80% didominasi dari warga Kota Palangka Raya, sedangkan 20% lainnya dari luar Kota Palangka Raya,” jelasnya.

Dia juga mengungkapkan usia rata-rata pencaker kebanyakan 17-23 tahun, antara lulusan SMA sedrajat dan juga sarjana, namun jumlahnya imbang antara SMA dan Sarjana.

“Pencaker sendiri baik pria ataupun wanita imbang aja bahkan namun memang wanita lebih banyak sedikit namun tidak terlalu signifikan,” tukasnya.

Dirinya juga berharap kepada perusahaan yang ada di Palangka Raya untuk bekerja sama dengan pihaknya bila membuka penerimaan lowongan kerja, dengan tujuan membantu mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Kota Palangka Raya.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...