Jumlah Kunjungan Perpustakaan Meningkat 500 Persen

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Jumlah kunjungan perpustakaan daerah Kabupaten Kapuas terus meningkat. Bahkan peningkatannya mencapai 500%. Hal ini tentu tidak lepas dari peran aktif Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kapuas dalam mempromosikan gemar membaca.

“Alhamdulilah sampai saat ini kita sudah bisa meningkatkan jumlah kunjungan perpustakaan hampir 500 persen peningkatannya dari tahun 2013 sampai 2018,” kata Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kapuas, Hj Nor Afiati di Kuala Kapuas, Rabu (12/7/2017).

Menurut Afiati, kalau dulu mungkin orang datang ke perpustakaan hanya 5 sampai 10 orang, namun sekarang pihaknya bahkan sudah membuat jadwal kunjungan anak-anak jenjang pendidikan PAUD, Taman Kanak Kanak dan masyarakat umum sehingga jumlah kunjungan perpustakaan sangat signifikan progres peningkatannya.

“Apalagi sekarang kitakan sudah transformasi perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat dan sebagai pusat belajar berbasis tekhnologi informatika, sehingga perpustakaan kita sudah dilengkapi 16 unit internet bantuan dari Coca Cola Foundation dan juga bantuan dari pihak-pihak lainnya ungkapnya.

Kemudian dalam mentransformasikan perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kapuas juga melibatkan para komountas masyarakat. “Perpustakaan itu tidak bisa berjalan sendiri untuk mempromosikan gemar membaca, tetapi harus melibatkan pihak-pihak ketiga yang peduli untuk meningkatkan minat baca,” ujarnya.

“Jadi, sudah banyak komunitas yang bekerjasama dengan kami kemudian mereka juga bisa melaksanakan kegiatan diperpustakaan, seperti salah satunya yang masih menetap sekarang yakni bimbingan belajar untuk matematika dan kursus bahasa Inggris serta kegiatan-kegiatan lainnya yang dilaksanakan pada event-event tertentu,” tambah Nor Afiati. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...