Irna Sebut Sekda Definitif Akan Ditetapkan Akhir Juli

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Bupati Pandeglang, Irna Narulita memastikan bahwa pada akhir bulan Juli mendatang, Pandeglang akan memiliki Sekretaris Daerah (Sekda) definitif. Pasalnya, proses seleksi Sekda yang diikuti oleh empat orang pejabat Eselon II dilingkungan Pemkab Pandeglang akan memasuki tahapan wawancara.

Irna mengungkapkan, pada akhir bulan Juni kemarin, seluruh calon Sekda telah melewati tahapan assesment dan tes kesehatan. Dikatakannya, dalam waktu dekat Tim Panitia Seleksi (Pansel) akan segera menyampaikan hasil penilaiannya.

“Kalau itu semua sudah, nanti tim Pansel Sekda akan melaporkannya kepada Bupati (dirinya,red). Dan tentunya tidak akan lama lagi, paling telat itu awal Agustus dan paling cepatnya diakhir Juli ini, bisa jadi lebih cepat,” kata Irna saat bertemu di Dinas Kependudukan dan Catatan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Senin (3/7).

Dituturkannya bahwa pemilihan Sekda definitif harus secepatnya dirampungkan untuk mempermudah dan membantu kinerja Kepala Daerah. Mengingat Irna memposisikan Sekda sebagai motor perubahan. Namun dirinya mengaku belum mengetahui nama yang paling potensial menjadi Sekda definitif.

“Sekda itu orang kepercayaan Bupati, matahari itu ada satu dan mataharinya itu Bupati jadi harus loyal dan semua bisa diterima oleh semua sekment manapun. Kita gak sembarangan Sekda ini,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Irna kembali menegaskan bahwa proses pemilihan Sekda akan terbebas dari intervensi siapapun, termasuk dirinya. Dirinya menerangkan, Sekda yang terpilih nanti, merupakan hasil penilaian terbaik dari Tim Pansel.

Beberapa hal yang menjadi fokus penilaian Irna, diantaranya kapasitasnya, kapabilitas, kredibilitas, pengalaman, kompetensi, serta akademik calon pejabat. Irna menekan bahwa calon pembantunya nanti, harus mampu bekerja keras, bisa menjadi perekat seluruh ASN serta bisa mengendalikan pemerintah lebih kondusif.

“Semua tahapan-tahapan tentu saja harus dilihat, walaupun nanti user-nya saya. Selain itu juga harus tidak ada sela sedikitpun baik rekam jejaknya tidak ada sela sedikitpun, prestasinya luar biasa, pengalamannya luar biasa, dedikasinya dan loyalitasnya, jadi banyak dan tidak satu sisi saja yang kami lihat harus fleksibel serta menjadi perekat,” imbuhnya. (Kr)

 

Editor: Irdan

Comments
Loading...