Ini Trik Pemkab Demak Bantu 14.62% Warganya yang Berada dibawah Garis Kemiskinan…

MENARAnews, Demak (Jateng) – Bupati menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan kegiatan Padat Karya Infrastruktur dan Produktif Tahun Anggaran 2017. Kegiatan semacam ini terbukti memberikan kontribusi positif dan mampu memberdayakan masyarakat.

Dalam kesempatan itu Natsir menyampaikan bahwa selain bernilai strategis, kegiatan padat karya juga efektif dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, mengingat 14.62 % warga Demak berada dibawah garis kemiskinan. “Padat karya terbukti mampu menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga masyarakat penganggur, setengah penganggur dan yang mengalami himpitan ekonomi bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari program ini,” lanjut Natsir.

Selain itu, Natsir juga berharap kegiatan ini dapat diproyeksikan sebagai program berkelanjutan dan bukan hanya sesaat. Sehingga nantinya para peserta program bisa hidup mandiri dan memiliki sumber penghidupan.

Mengakhiri sambutannya, Bupati mengajak anggota padat karya untuk lebih bersemangat dalam merubah kehidupan kearah yang lebih baik. “Kepada para pembimbing agar terus menekankan tiga aspek yang menjadi modal dalam diri peserta program yakni aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan,” ungkap Natsir mengakhiri.

Di lain kesempatan, Kepala Dinnakerind Kabupaten Demak Drs. Eko Pringgo Laksito, M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya strategis dalam memberikan peningkatan kesempatan kerja bagi warga baik kategori pengangguran maupun setengah penganggur.

Lanjut Eko, jenis kegiatan padat karya ada dua yaitu padat karya infrasruktur dan padat karya produktif. Padat karya infrastruktur mengadakan pengerasan atau pengurugan badan jalan dengan volume pekerjaan panjang 508 meter, lebar 3,5 meter dan ketinggian 30 s.d. 50 cm selama 23 hari. “Untuk padat karya produktif telah dipilih tiga desa untuk pembuatan kandang kambing komunal dengan ukuran lebar 5 meter x 9 meter. Ketiga desa tersebut yaitu Desa Tlogorejo Kec. Karangawen, Desa Wonokerto Kec. Karangtengah dan Desa Pecuk Kec. Mijen,” jelas Pringgo.

Bupati Demak HM. Natsir secara resmi membuka kegiatan Padat Karya Infrastruktur dan Produktif Tahun Anggaran 2017 Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Demak di Desa Bango Kecamatan Demak hari ini, Senin (17/7). (Nap)

Comments
Loading...