Ini Syarat Minimal Calon Paskibraka Kota Wali…

MENARAnews, Demak (Jateng) – Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Agus Herawan, S.IP mengatakan, semua peserta harus berbesar hati atau mempunyai jiwa yang tangguh, karena dari 208 peserta dari sekolah SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta se-Kabupaten Demak akan diseleksi menjadi 80 peserta. “Dari jumlah peserta 80 akan diseleksi lagi menjadi 40 peserta dimana 30 peserta akan menjadi pasukan dan yang 10 peserta sebagai cadangan yang akan bertugas dalam upacara 17 Agustus 2017 nanti,” ungkap Agus dalam Acara seleksi Paskibraka di halaman Gedung Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Demak pagi ini, Kamis (20/7).

Masih menyambung penjelasan Agus Herawan, dirinya berharap seleksi ini bisa memilih bibit-bibit berkualitas. Karena selain sebagai pengibar bendera, peserta terpilih nantinya juga akan terdidik mental generasi pemuda yang baik, melalui pembekalan pengetahuan bela negara dan kegiatan fisik. “Setelah lolos seleksi peserta akan dikarantina selama 20 hari sejak tanggal 1 Agustus 2017 di Rumah Dinas (Rumdin) Sekda Demak Jalan Pemuda. Sedangkan pelatih Paskibra terdiri dari anggota Kesbang, PPI dan Kodim 0716 yang dikoordinatori oleh Kapten Pasaribu,” tuturnya.

Selain itu, Kapten Pasaribu menyatakan bahwa dari kegiatan ini akan diambil siswa yang terbaik untuk mewakili menjadi pasukan pengibar bendera saat upacara 17 Agustus yang akan dilaksanakan di Alun-alun Simpang Enam Demak nanti. “Syarat seleksi tahap pertama dengan ketentuan peserta putri tinggi badan minimal 165 cm dan putra dengan tinggi badan minimal 170 cm. Untuk materi seleksi tahap pertama tentang kemampuan pemahaman Pelatihan Baris Berbaris (PBB), kemampuan fisik dan kemampuan dalam merespon aba-aba atau perintah,” jelas Pasaribu.

Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kab. Demak mengadakan seleksi Paskibraka yang merupakan agenda tahunan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 72. (Nap)

Comments
Loading...