Ini Persiapan Panwaslu Banten Jelang Pemilu 2018 Dan 2019

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Tim Panitia Seleksi (Pansel) Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten/kota se-Banten menggelar tes wawancara bagi calon Panwaslu di aula PKPRI Pandeglang, Jumat (14/7). Pelaksanaan tes wawancara yang diikuti puluhan calon Panwaslu dari Kabupaten Pandeglang dan Lebak ini dalam rangka mencari enam peserta yang dimana akan mengikuti tahapan ke Bawaslu.

Ketua Tim Pansel Panwaslu Banten Tb Maman Suherman mengatakan, keberadaan pansel untuk menjaring para calon komisioner Panwaslu yang berkualitas tanpa ada kepentingan untuk salah satu pihak. Mereka akan menerapkan tahapan seleksi dengan cukup ketat salah satunya dengan tes wawancara.

“Dari tes wawancara ini akan disaring enam besar calon. Peserta yang lolos selanjutnya akan mengikuti fit and proper test oleh Bawaslu,” kata Maman.

Dijelaskannya, jika materi tes wawancara ini di antaranya seputar pengetahuan tentang penyelenggaraan dan pengawasan pemilu, potensi kerawanan serta muatan lokal seperti penguasaan kewilayahan. “Kami hanya menginformasi beberapa hal tentang kepemiluan dan pengawasan. Intinya tes wawancara ini juga kami ingin memastikan secara dekat apakah para peserta memiliki kemampuan menyampaikan pikirannya tentang pengawasan, kepemiluan dan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Tim Pansel Panwaslu Banten Nana Subana menuturkan, tes wawancara juga merupakan instrument yang sangat penting dalam sebuah perekrutan komisioner Panwaslu agar pansel mengatahui rekam jejak para calon. Oleh sebab itu, Nana mengharapkan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mengawasi rekrutmen calon komisioner Panwaslu.

“Saya berharap masyarakat bisa ikut terlibat melakukan pengawasan, agar pelaksanaan pembukaan calon Panwaslu ini berjalan sesuai dengan harapan,” katanya. (Kr)

 

 

Editor: Irdan

Comments
Loading...