Ini Luasan Tanaman Padi Tekhnologi Hazton di Kapuas Yang Sudah Direalisasikan

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Penanaman padi tekhnologi Hazton di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah kini telah terealisasi kurang lebih seluas 624 hektar, dari seluas 1.825 hektar yang diprogramkan.

Kepala Dinas Pertanian Kapuas, Anjono Bhakti melalui Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan, Jarwadi, mengungkapkan, kegiatan program pengembangan tanaman padi tekhnologi Hazton di Kapuas tahun 2017 semula direncanakan seluas 3.100 hektar.

Namun saat rapat eveluasi kegiatan APBN di Bogor pada Februari 2017 lalu, alokasi luasan program penanaman padi Hazton untuk Kabupaten Kapuas berkurang menjadi 1.825 hektar. “Saat evaluasi program kegiatan APBN, yang 1.275 hektarnya hilang, sehingga tersisa menjadi 1.825 hektar saja,” katanya di Kuala Kapuas, Minggu (2/7/2017).

Kemudian oleh Dinas Pertanian Kabuputen Kapuas, kegiatan pengembangan padi tekhnologi Hazton seluas 1.825 hektar tersebut pun disebar di 11 kecamatan di daerah setempat. “Sampai dengan hari kemarin yang sudah tertanam sekitar 624 hektar, kemungkinan sampai Juli ini selesai semua,” ujarnya.

Dinas Pertanian Kapuas pun merencanakan pada pertengahan Juli ini, pencanangan penanaman padi tekhnologi Hazton di Desa Anjir Serapat Tengah akan dilakukan langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat.

“Untuk Anjir Serapat kemungkinan pertengahan Juli ini pencanangannya, karena untuk padi Hazton umur bibitnya cukup panjang yaitu bisa diatas 30 hari, beda dengan padi unggul biasa yang umurnya hanya 21 hari saja,” terang Jarwadi.

Sebelumnya, perwakilan Direktur Pupuk Kementerian Pertanian RI, Nispuani, menerangkan, program pengembangan tanaman padi tekhnologi hazton direalisasikan bukan hanya di Kalteng saja, tetapi hampir semua daerah sudah melaksanakan metode Hazton.

“Metode ini memang sangat baik dan satu hektar bisa sampai sepuluh ton lebih produksinya. Kemudian dalam segi pemakaian benih juga lebih banyak dari padi biasa dan juga tahan terhadap hama,” katanya saat menghadiri tanam perdana padi tekhnologio Hazton di Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas. (irf)

Editor: Hidayat 

Comments
Loading...