Ini Alasan Partisipasi Politik di Demak Rendah

MENARAnews, Demak (Jateng) – Menurut penjelasan Bupati Demak HM. Natsir, di Kabupaten Demak, tingkat partisipasi masyarakat dalam sebuah proses demokrasi terbilang rendah. Hal ini dapat dilihat dari tingkat ketidakhadiran warga Demak pada Pemilihan Gubernur tahun 2013 hanya mencapai 45%. Sedangkan pada tahun 2008, tingkat ketidakhadiran warga Demak mencapai 44%. Hal ini disebabkan salah satunya yaitu masyarakat Demak yang mayoritas merantau enggan pulang kampung untuk menggunakan hak pilihnya. Biaya transportasi yang cukup tinggi menjadi alasan utama bagi para perantau.

Bupati Demak juga menambahkan bahwa tingkat kesadaran politik masyarakat Demak masih rendah. Banyak warga yang menganggap bahwa Pemilu hanya sebuah kegiatan biasa. “Saya mengajak kepada saudara sekalian untuk terus melakukan berbagai upaya penyadaran politik publik. Hal ini hanya bisa dilakukan pada tingkat aksi politik, semua pihak saya harapkan ikut berperan aktif,” terang Bupati dalam acara yang dihadiri 100 peserta perwakilan pengurus dan anggota partai politik serta organisasi kemasyarakatan se-Kabupaten Demak ini.

Pendidikan politik harus dilakukan terus menerus hingga masyarakat sadar bahwa melalui demokrasi bisa dipilih pemimpin yang ideal. Yakni pemimpin yang tulus dan berani melakukan perbuatan reformatories demi kepentingan bangsa dan negara, yang ditandai dengan tindakan yang betul-betul menjawab gejolak atau aspirasi masyarakat. “Termasuk mengakomodasi kepentingan wong cilik, memulihkan supremasi hukum, menyehatkan ekonomi maupun menempatkan kerukunan bangsa di tempat pertama,” jelas Natsir.

Sedangkan Kasi Hubungan Antar Lembaga Sujanarta,SH. M.Kes, selaku panitia, menerangkan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya peran ormas/LSM dalam peningkatan partisipasi politik.

Bupati Demak HM. Natsir didampingi Sekda Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes dan Wakil Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Demak Mundofar, Ama. Pd. membuka secara resmi kegiatan Forum Diskusi Politik Tahun 2017 berupa seminar Peran Ormas/LSM dalam Peningkatan Partisipasi Politik di Kabupaten Demak di Gedung Binapraja hari ini, Jumat (14/7). (Nap)

Comments
Loading...