Hari Pertama Kerja Walikota Sidak Pelayanan Kepada Masyarakat

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Sudah Menjadi agenda rutin bagi walikota dan wakil walikota Palangka Raya untuk meninjau atau sidak setelah libur panjang, salah satu yang menjadi fokusnya adalah pusat pelayanan masyarakat seperti Disdukcapil dan sarana Kesehatan umum.

Sidak yang dilaksanakan hari ini, Senin (3/6) didampingi oleh Wakil Walikota serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), seperti inspektorat, Dinas Tata Kota dan masih banyak lagi yang lainnya.

Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia, mengatakan sidak tersebut untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat berjalan seprti biasa meskipun setelah libur panjang.

“Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak hadir hanya 1 hari akan diberi peringatan, namun apabila ASN yang tidak turun lebih dari 1 hari tanpa keterangan jelas tentunya akan diadakan teguran keras dengan penekanan, seperti pengurangan gaji,” jelas Riban Satia, saat diwawancara usai sidak, Senin (3/6) siang.

Namun, lanjutnya, dalam pemberian sangsi akan dikoordinasikan terlebih dahulu kepada pihak Inspektorat, sebab ada aturan tertentu yang perlu diperhatikan dalam penerapan sangsi tersebut.

“Hasil sidak saat ini ada dua tempat yang memang menjadi perhatian terutama pelayanan kepada Masyarakat, seperti Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Disdukcapil) dan puskesmas sebagai pelayanan kesehatan, sebab tuntutan masyarakat semakin kompleks, namun semua berjalan lancar,” tukasnya.

Peningkatan Pelayanan, imbuhnya, setiap SKPD terkait meski turun langsung meninjau, sehingga bisa melihat serta mendengar langsung keluhan masyarakat, karena masukan masyarakat mampu meningkatkan pelayanan dan evaluasi.

“Peningkatan pelayanan juga bukan hanya dari kehadiran melainkan faktor sarana dan prasarana juga perlu diperhatikan, salah satunya dibidang kesehatan yang perlu diperhatikan lebih,” pungkasnya.(AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...