Hari Pertama Kerja, Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang Kompak Sidak OPD

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah, Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang kompak melakukan kunjungan kesejumlah instansi pemerintahan. Didampingi unsur pejabat dilingkungan Pemkab Pandeglang, keduanya membagi tugas untuk meninjau aktivitas pelayanan masyarakat di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sidak dimulai usai apel pagi di Gedung Setda Pandeglang. Pasangan yang mulai menjabat sejak tahun 2015 lalu itu kemudian membagi tim. Beberapa OPD yang disidak diantaranya Puskesmas Cadadari, Kecamatan Cadadari, Kelurahan Cigadung, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Dalam sidak tersebut, ditemukan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak masuk dihari pertama kerja. Dirinya pun menyayangkan masih ditemukannya ASN yang membolos.

“Ketidakhadiran ASN sangat mengganggu pelayanan. Semua ASN kan punya tugas dan fungsi masing-masing. Nah kan sejak libur panjang, pelayanan masyarakat tidak berjalan sehingga sangat dibutuhkan ketika mulai masuk kerja. Khususnya pelayanan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat,” ujar Tanto usai sidak, Senin (03/07/2017).

Namun, Wabup mengklaim jika tingkat ketidakhadiran ASN hanya sekitar 2 persen. Bahkan, dirinya menyebutkan tingkat disiplin para pegawai dinilai sudah lebih baik.

“Semua OPD yang kami lakukan sidak, mayoritas masuk semua. Hanya ada 1 atau dua orang yang izin dan sakit. Jadi kesimpulan sementara disiplin kerjanya oke lah, bagus,” ujarnya.

Maka dari itu Tanto meminta agar tingkat disiplin tersebut dipertahankan dan ditingkatkan. Karena pada tahun depan, kehadiran ASN akan terkoneksi dengan Command Center melalui finger print.

“Ke depan kami harapkan program finger printnya berjalan yang terkoneksi dengan Command Center dan BKD (Badan Kepegawaian dan Diklat). Dari semua OPD sudah melakukan pengadaan tinggal terkoneksi,” sambung Tanto.

Sementara itu, Kepala BKD Pandeglang Ali Fahmi Sumanta mengaku jika pihaknya akan mengevaluasi tingkat kehadiran para ASN dari seluruh OPD pasca libur panjang Idul Fitri 1438 Hijriah.

“Untuk seluruh OPD dan kelurahan kami evaluasi tingkat kehadiran pasca cuti bersama setelah Idul Fitri,” jelas Fahmi.

Dilanjutkannya, BKD juga telah membentuk empat tim untuk meninjau langsung ke seluruh OPD guna mengatahui langsung tingkat kehadiran para ASN. Dimana hasil dari tinjauan tersebut akan dilaporkan kepada Bupati Pandeglang.

“Empat tim kita sudah diterjunkan ke beberapa OPD, nah nanti hasilnya kami akan rangkum dan diserahkan kepada bupati,” bebernya. (Kr)

 

Editor: Irdan

Comments
Loading...