Funbike Meriahkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017

MENARAnews, Tubaba (Lampug) – Wakil Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Fauzi Hasan menghimbau kepada seluruh jajaran, baik pemerintah maupun masyarakat saat ini upaya perlindungan lingkungan dan alam tengah menghadapi berbagai tantangan yang nyata.

Hal ini disampaikan wakil bupati saat membacakan petikan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, dalam kegiatan sepeda santai (Funbike) peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2017.

Kegiatan yang berhadiah Doorprize untuk peserta funbike dan masyarakat itu, digelar di lapangan sepak bola Tiyuh (desa) Mulya Kencana, Kacamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kamis (20/7/2017).

“Menata hubungan alam dan manusia  bukan hanya sekedar pengelolaan sumberdaya alam untuk tujuan profit manusia. Apalagi bila profit itu hanya untuk segelintir manusia saja. Lingkungan dan alam kita, membutuhkan perlindungan dari kita semua,” kata Fauzi Hasan, dalam sambutan tertulisnya.

Fauzi menjelaskan, Tema Hari Lingkungan Hidup sedunia Tahun 2017 yaitu ”Connecting People to Nature”  atau ”Menyatu dengan Alam”, yang ditetapkan oleh Badan Lingkungan Hidup Dunia, atau United Nations Environment Programme (UNEP).

“Pemilihan tema ini mengajak kita untuk hadir bersama alam,  menghargai pentingnya keselarasan antara manusia dengan alam demi kelangsungan hidup penghuni bumi dan keindahan alam, memperlakukan alam secara proporsional,  tidak primitif hanya mau mengeruk keuntungan daripadanya saja, tetapi harus dalam perspektif perlindungan lingkungan,” jelas Fauzi.

Perayaan yang jatuh setiap tanggal 5 Juni itu mengusung tema “Ayo jaga dan lestarikan alam Tubaba”, dimeriahkan dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti, penanaman pohon merbau sebanyak 200 pohon, sekolah perwawasan lingkungan dan funbike, yang diikuti oleh 750 peserta dari Instansi pemerintah dan masyarakat.

Rute Funbike start di lapangan sepak bola tiyuh Mulya Kencana, mengelilingi tiyuh Mulya jaya, Pulungkencana, Candramukti, Candrakencana, Candra jaya dan kembali finishing di lapangan yang berada tepat di depan kantor KPUD Kecamatan Tulangbawang Barat.

Selain Instansi perintah Funbike juga diikuti masyarakat dari berbagai elemen. Selain Wakil Bupati Tulangbawang Barat juga hadir Ketua TP-PKK Tubaba Kornelia Umar, Danramil 412-01 TBT Kapten Inf Lukmansyah, Kepala SKPD, masyarakat dan jajaran anggota Polsek TBT. (JE/RZ)

Comments
Loading...