Dukung Efisiensi Pengelolaan Keuangan, Wako dan OPD Tanda Tangani Komitmen SPIP

MENARAnews, Bukittinggi (Sumatera Barat) Dalam hal memantapkan pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP), terutama dalam upaya mendukung pengelolaan keuangan yang efisien, efektif dan transparan, Walikota H.M. Ramlan Nurmatias bersama seluruh kepala OPD melakukan penandatanganan pernyataan komitmen pelaksanaan SPIP Senin (10/7/2017) di aula kantor Balaikota Bukit Gulai Bancah.

Sebelum melakukan penandatanganan komitmen, Walikota Ramlan Nurmatias membuka pelatihan penguatan dan pemantapan pelaksanaan SPIP yang dihelat oleh Inspektorat Kota Bukittinggi. Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung  hingga 13 Juli mendatang diikuti seluruh kepala OPD di Pemko Bukittinggi. Para peserta disajikan materi soal SPIP dan pelatihan teknis terhadap SPIP oleh narasumber Kepala BPKP PerwakIlan Privinsi Sumbar dan Maria Vinney Chinggih Widanarto dari BPKP.

Sementara itu, Kepala BPKP Perwakilan Sumbar Danny Amanda memberikan penejelasan kepada menaranews (11/7), mengatakan bahwa muara akhir dari pelaksanaan SPIP pada seluruh daerah tidak lain adalah sebagai upaya tindak lanjut dari visi dan misi kepala daerah dengan sasaran kesejahteraan bagi masyarakatnya. Karena itu, sebagai tindak lanjut dari penandatanganan komitmen bagaimana semua OPD  secara formal normatif dapat merealisasikan SPIP di lingkungannya.

Walikota Ramlan Nurmatias melihat tindaklanjut dari penerapan dan pelaksanaan SPIP itu secara konkret pada semua OPD, jauh lebih utama dibandingkan dengan penandatanganan komitmen yang hanyalah sebagai seremonial.

“Intinya, bagaimana kita seluruh OPD di Bukittinggi melaksanakan SPIP ini di lingkungan masing-masing. Dan sebagai tujuan lebih jauh adalah perwujudan pengelolaan keuangan yang baik, transparan dan akuntabel yang didukung sistem pelaporan yang baik dan professional,” tegasnya

Oleh karena itu, lanjut Ramlan, Kota Bukittinggi penguatan SPIP dan penandatanganan komitmen itu, sekaligus tindak lanjut hasil penilaian tingkat Maturitas penyelenggaraan SPIP 2017 sesuai hasil evaluasi BPKP dengan penilaian pada level 2 (berkembang). Guna peningkatan hasil maturitas menjadi level 3 (terdefinisi), sebut Ramlan, pihaknya melakukan peninjauan SPIP terhadap semua OPD di Pemko, melaksanakan pelatihan teknis Satgas SPIP dan penyususnan rencana tindak pengendalian serta pemetaan SPIP. (AD)

Comments
Loading...