Dua Gedung RSU Palangka Raya Diharap Cepat Selesai

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya terus memaksimalkan peneyelesaian pembangunan gedung Rumah Sakit Umum (RSU) tipe D Palangka Raya yang berada di Kelurahan Kalampangan Kecamatan Sebangau.

Menurut Kepala Bidang Tata Usaha RSU Palangka Raya Sumiran, setidaknya ada dua bangunan rumah sakit yang menjadi fokus dan target penyelesaian sehingga dapat digunakan pada tahun 2018 mendatang.

“Setidaknya dua bangunan rumah sakit ditargetkan selesai pada 2018, setelah itu kita akan mengusulkan kembali pembangunan tahap berikutnya, tentu menyesuaikan dengan anggaran yang ada,”katanya kemarin.

Dijelaskan, rumah sakit yang sebelumnya merupakan puskesmas akan tetapi naik gradenya menjadi rumah sakit daerah itu, selama ini kendalanya hanya kekurangan akan ruangan pelayanan maupun pasien.

Karenya, untuk memaksimalkan layanan pihaknya kata Sumiran, memerlukan penambahan space. Sebut saja  saja saat ini ruangan untuk layanan rawat inap yang seharusnya tipe D memiliki kapasitas 50 bed, Namun saat ini hanya mampu menyediakan dua bed.

“Kendala ruangan menjadi faktor utama . kalau untuk peralatan yang kita miliki sudah cukup lengkap dan memadai sebagai rumah sakit,”tuturnya.

Lebih lanjut disana Sumiran mengatakan, apabila dua bangunan utama rumah sakit dapat terselesaikan dengan tepat waktu dalam  pembangunan hingga target  2018 selesai, maka setidaknya  dapat menyelesaikan sedikit masalah, baik terkait pelayanan maupun penunjang sarana kesehatan lainnya. Sehingga, masyarakat dapat benar-benar mendapatkan pelayanan yang maksimal di rumah sakit Palangka Raya tersebut.

Sementara ini, tambah dia, pelayanan yang sudah berjalan di rumah sakit tersebut, yakni hanya pelayanan vital. Seperti Instalasi Gawat Darurat (IGD), Poli Anak, Poli Gigi, Rawat Inap, vega atau Persalinan, Laboratorium, Apotek dan layanan BPJS.

“Rumah sakit ini masih dimanfaatkan oleh mayoritas masyarakat di lingkup Kecamatan Sebangau. Ini mungkin disebabkan fasilitas ataupun infrastruktur yang sepenuhnya belum selesai terbangun,”tutupnya.(AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...