Dinas PMPTSP Kapuas Akan Bantu Wirausahawan Memasarkan Usahanya

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kapuas berencana memetakan calon-calon entrepreneur atau wirausahawan di daerah setempat.

Tujuannya, adalah untuk membantu mereka dalam memasarkan hasil kegiatan usahanya. Menurut Kepala DPMPTSP Kapuas, Septedy, instansi yang dipimpinnya itu tidak hanya terbatas pada tugas pelayanan, tapi tugas pihaknya kedepan adalah memetakan para calon-calon wirausahawan .

“Di negara maju itukan indikatornya harus banyak pengusaha bukan banyak pegawai pemerintah. Nah, karena itu kami di tahun 2018 akan memetakan mana misalnya pengusaha-pengusaha kecil yang perlu dibina dan itu tidak menutup kemungkinan kedepan akan kami carikan bapak angkatnya,” katanya di Kuala Kapuas, Kamis (20/7/2017).

“Contoh, misalnya Indomaret menginformasikan ke kami (Dinas PMPTSP) bahwa mereka bersedia menampung produk-produk masyarakat lokal, misalnya telur asin, jadi mereka siap memasarkannya ditempat mereka,” ungkapnya.

Hal tersebut, lanjut Septedy, merupakan salah satu contoh bahwa pihaknya membantu masyarakat kecil untuk bisa memasarkan sekaligus mendapatkan penghasilan. “Jadi, nanti akan kita cari pengusaha-pengusaha lainnya siapa tahu bisa kita bantu memasarkan misalnya produk usaha kerajinan tangan dan usaha home industri lainnya,” katanya.

Namun yang menjadi kendala, toko-toko riteil modren terkadang menginginkan bahwa produk lokal yang akan dipasarkan harus terdaftar, misalnya tanda terdaftar dari dinas kesehatan atau label halal.

“Memang ini jadi beban bagi pengusaha pemula, tapi nanti kita akan koordinasikan ke instansi terkait, apakah misalnya hal seperti itu bisa diberikan kemudahan,” ujar Septedy. (irf).

Editor: Hidayat

Comments
Loading...