Diguyur Hujan Lebat, Dua Desa di Kapuas Kebanjiran

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Tingginya itensitas curah hujan dalam beberapa hari terakhir di wilayah hulu Kabupaten Kapuas membuat dua desa terendam banjir. Dua desa itu yakni Desa Jakatan Masaha Kecamatan Mandau Talawang dan Desa Supang Kecamatan Kapuas Hulu.

Berdasarkan laporan kejadian bencana banjir yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas bahwa pada, Sabtu (15/7/2017) sekitar pukul 19.00 WIB Desa Supang tendam banjir dengan ketinggian air mencapai 30 centimeter.

Banjir terjadi setelah beberapa hari sebelumnya desa setempat diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi sehingga membuat daerah aliran sungai (DAS) Kapuas meluap. Kemudian pada, Minggu (16/7/2017), ketinggian air dilaporkan meningkat sampai 1 meter sehingga merendam sejumlah rumah warga.

“Ketinggian air diperkirakan akan terus meningkat,” tulis BPBD Kapuas dalam laporannya yang informasinya bersumber dari Kepala Desa Supang.

Sedangkan Desa Jakatan Masaha, banjir terjadi pada, Jumat (14/7/2017). Ketinggian air saat itu mencapai 1,5 meter dan pada, Sabtu (15/772017), ketinggian air meningkat hingga mencapai 2 meter dan merendam beberapa rumah warga.

Adapun upaya yang dilakukan BPBD Kapuas atas terjadinya musibah banjir di dua desa di wilayah hulu Kabupaten Kapuas ini antara lain monitoring, melakukan koordinasi dengan camat setempat dan kepala desa serta pihak terkait lainnya.

Dalam laporannya BPBD Kapuas juga membeberkan kendala yang dihadapi yaitu jarak tempuh yang cukup jauh dari Kota Kuala Kapuas ke Desa Sei Hanyo Kecamatan Kapuas Hulu sekitar 356 kilometer menggunakan kendaraan roda empat.

Selanjutnya dari Kecamatan Kapuas Hulu menuju desa-desa di Kecamatan Mandau Telawang ditempuh sekitar 6 jam perjalanan menggunakan perahu motor.

Namun demikian dilaporkan bahwa banjir yang terjadi di dua desa ini sementara tidak menyebabkan korban jiwa, luka-luka maupun sakit. Sedangkan untuk korban yang terdampak akibat banjir belum diketahu jumlahnya. (irf)

Comments
Loading...