Danramil Demak Ajarkan Bela Negara kepada Peserta MPLS

MENARAnews, Demak (Jateng) – Danramil 01/Demak kota, Kapten Arm Sukartiyo dalam menyampaikan materi di hadapan para siswa baru kelas VII SMPN 2 Demak Tahun Ajaran 2017/2018, yang sedang melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Danramil 01/Demak kota mengatakan bahwa tujuan bela negara yaitu untuk mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara disamping melestarikan budaya dan menjalankan nilai UUD 1945 dan Pancasila. “Kemudian berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara, lalu menjaga identitas dan integritas bangsa,” kata Kapten Arm Sukartiyo siang ini, Selasa (18/07).

Bela negara merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Saat ini banyak warga negara Indonesia yang meninggalkan dasar negara Indonesia tersebut. Untuk itu, peran TNI dalam memberikan pemahaman ke masyarakat menjadi sangat penting. “Dengan TNI melalui Danramil dan Babinsa selalu memberikan pemahaman ke masyarakat sipil, maka bisa mengajarkan masyarakat dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila,” lanjut Sukartiyo.

Dirinya menambahkan, cara pembekalan dalam materi tersebut juga tak harus bergaya militeristik. Namun ke depan, akan ada aturan yang menjadi payung hukum teknis bagi sipil yang ingin mengikuti pendidikan wajib militer.

Aparat TNI diminta dan wajib lebih aktif menyampaikan materi kebangsaan dan nilai-nilai Ideologi Pancasila kepada masyarakat karena bela negara merupakan sebuah kebutuhan yang harus dimiliki seluruh elemen bangsa untuk mempertahankan kedaulatan NKRI. (Nap)

Comments
Loading...