Dandim : Menjaga Keamanan Tugas Kita Bersama

 

MENARAnews, Kotabumi (Lampung)– Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0412 Lampung Utara (Lampura), Letkol. Inf. Raden Daniel  Bachtiar,  bersama Ketua DPRD, Rahmat Hartono dan Kapolres setempat, AKBP. Esmed Eriyadi menyatakan untuk menciptakan aman, nyaman, dan tentram itu bukan hanya tugas TNI dan Polri tapi juga tugas dan tanggungjawab masyarakat. Hal itu dilontarkan para unsur Forkopimda Lampura saat dikonfirmasi setelah melakukan kunjungan dibeberapa kecamatan.

Menurut Raden Bachtiar, terciptanya rasa aman dan nyaman itu dapat dirasakan oleh masyarakat yang menghendaki kedamaian. Karena untuk menciptakan rasa aman itu dapat diwujudkan dengan cara  kerjasama antara masyarakat dan  jajaran TNI dan Polri selaku pihak keamanan.

“Tadi pada saat kami meninjau langsung di pos-pos kamling, kami bertiga sampaikan kepada masyarakat yang sedang melaksanakan ronda bahwasanya bahwa untuk menjaga keamanan lingkungan itu bukan hanya tugas dan tanggungjawab dari pihak kepolisian ataupundari TNI, tetapi memang menjadi tugas dan tanggungjawab kita semua,” Dandim (13/7/2017)

Selain itu, lanjut dia, keamanan bagi masyarakat disuatu tempat atau daerah bukan hanya tugas dan tanggungjawab TNI Polri ‎melainkan tugas bersama seluruh unsur masyarakat. Terlebih lagi di satu daerah yang menginginkan rasa aman dan nyamam ditempat tinggalnya karena kebersamaan itu awal dari kenyamanan.

Senada juga disampaikan Ketua DPRD Lampung Utara Rachmat Hartono yang mengatakan, kunci keamanan tergantung dari masyarakatnya itu sendiri dengan​ membudayakan hidup rukun dan memperkuat rasa persaudaraan.

“Untuk menciptakan keamanan bukan hanya tugas Polisi dan TNI tapi juga tugas kita semua. Untuk itu kita meminta masyarakat agar terus menerus menjaga keamanan dan kerukunan yang dimulai dari tetangga, lingkungan dan bersama aparat terus bekerjasa dan tidak segan-segan memberikan laporan jika melihat suatu kejanggalan,” ‎kata dia

Dikatakannya, kegiatan yang tiga unsur pimpinan itu lakukan merupakan suatu langkah positif agar antara masyarakat dengan aparat tidak merasa canggung untuk berkoordinasi karena semuanya.

“Kenyamanan masyarakat saat ini mungkin sedikit menurun. Untuk itu kita mengajak supaya kembali menggalakan jaga malam atau ronda didaerahnya masing-masing,” serunya.

Masih menurut dia,  sebagai wakil rakyat dirinya akan terus berupaya untuk memberikan informasi kepada unsur pimpinan supaya apa yang disampaikan bisa diprogramkan oleh pemerintah dan aparat penegak hukum dan penyelenggara keamanan seperti TNI dan Polri.

“Kami sebagai perwakilan masyarakat akan terus berupaya memberikan motivasi kepada kepolisian, TNI dan masyarakat terutama yang berada didesa-desa untuk terus melakukan aktivitas giat ronda malam secara bergiliran setiap malamnya,” ‎kata politisi PDIP ini.

‎Diketahui, keberangkatan Kapolres Lampung Utara AKBP Esmed Eryadi, bersama Komandan Kodim 0412 Lampung Utara Letkol Inf Raden Daniel Bahtiar Kurniawan, dan Ketua DPRD Lampung Utara Rachmat Hartono, dari wilayah Kota Kotabumi pada Rabu (12/7) sekira pukul 10.30 WIB dan berakhir di pagi Kamis (13/7/2017).

Rute berkeliling mereka dimulai dari Kota Kotabumi, Sungkai Selatan, dan Kecamatan Sungkai Utara yang dalam perjalanannya menyempatkan diri mengunjungi sejumlah pos sistem keamanan masyarakat dan lingkungan (Siskamling). Dan kembali memutar arah setelah sampai di ujung Desa Kota Negara, Sungkai Utara setelah singgah di kediaman Asnawi anggota Dewan dari Partai PAN di DPRD setempat.

Lalu rombongan bertolak ke‎mbali ke kediaman Muhlizar anggota fraksi PDI Perjuangan, dan Polsek Sungkai Utara yang mengawal kepulangan Kapolres, Dandam, dan Ketua DPRD dibawah komando Kapolsek Sungkai Utara AKP Hadi Sutomo. (JA/RZ)

Comments
Loading...